4 Kebo Bule Diberikan Keraton Solo ke Ponorogo

Mitrapost.comKeraton Kasunanan Surakarta memberikan empat kebo bule ke Ponorogo. Terdiri dari dua ekor betina dan dua ekor jantan.

Sejak 19 September 2021, empat ekor kebo bule tersebut diserahterimakan ke KRA Gendut Wiryo Diningrat selaku Ketua Paguyuban Kawulo Keraton Surakarta (Pakasa) Ponorogo. Empat hewan yang memiliki nilai historis tersebut masing-masing memiliki nama Kiai Patmono, Nyai Ngatmini, Kiai Setu dan Nyai Suti.

“Keempat kebo atau maeso ini kemudian dibawa pulang ke Ponorogo, terus Pak Bupati tanggap. Akhirnya ini bisa menjadi aset Ponorogo,” tutur Wakil Ketua Pakasa KRA Suro Agul-Agul atau Sunarso (54).

Sambil menunggu lokasi yang strategis untuk empat kebo bule tersebut. Sunarso mengatakan sementara ini kebo ditempatkan di kandang Desa Bajang.

Baca Juga :   Kapolri Keliling Kota Solo Bagikan Sembako Pada Pedagang HIK dan Warga Surakarta

“Maeso ini bisa jadi ikon Kabupaten Ponorogo,” terang Sunarso.

Pemeliharaan kerbau ini tidak mudah, lanjut Sunarso, harus menyediakan tempat berendam. Sebab, kebo berbeda dengan sapi yang bulunya lebih tebal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati