oleh

Cara Mendapatkan Kulit Sehat Impian

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.comKulit indah dan sehat merupakan impian setiap orang. Namun, keinginan memiliki kulit indah dan sehat memerlukan usaha. Berbagai faktor dapat menyebabkan kulit manusia menjadi buruk, tentu selain faktor alami seperti pertambahan usia. Beberapa ahli menyatakan kulit sehat manusia bergantung bagaimana  cara manusia tersebut merawat kulitnya. Perawatan kulit secara alami dan baik menjadi jalan manusia untuk memperoleh kulit yang sehat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online Edisi Lima, kulit adalah pemalut paling luar tubuh manusia, bagian tubuh manusia yang melindungi organ tubuh lainnya dengan lapisan terluar dinamakan epidermis. Epidermis adalah bagian  berperan penting dalam melindungi kulit dari faktor-faktor perusak di luar tubuh. Di balik epidermis terdapat lapisan dermis yang disebut juga sebagai lapisan tengah kulit. Di dalam jaringan epidermis kulit terdapat tiga sel pendukung, antara lain:

  1. Sel melanocyte, sel ini bertugas untuk memproduksi pigmen kulit atau disebut melanin kulit.
  2. Sel Keratinocyte, sel kulit epidermis ini bertugas memproduksi protein keratin menjadi bagian utama dari epidermis kulit.
  3. Dan Sel Langerhans, sel epidermis selanjutnya yang bertujuan mencegah benda asing memasuki kulit.

Sedangkan di lapisan dermis, ada protein kolagen dan elastin yang memberi struktur dan membantu kelenturan kulit sehingga terlihat sehat.

Perlu diketahui bahwa kulit mengalami masa regenerasi setiap 27 hari. Meski begitu, sepanjang hidup manusia, kondisi kulit akan berubah secara konstan menjadi lebih baik  atau lebih buruk tergantung kepada berbagai faktor. Karena itu, sangat penting untuk mempertahankan kesehatan dan vitalitas organ pelindung ini dengan melakukan perawatan kulit secara rutin. Hal ini dikarenakan kulit adalah organ tubuh yang dapat dilihat oleh sesama manusia, jika kulit bagus maka akan memberikan kesan yang indah pada diri manusia.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Sesak Napas Akibat Asam Lambung

Adapun faktor yang mempengaruhi kerusakan kulit

Berbagai faktor dapat menjadikan kulit memburulk bahkan rusak, tentu saja hal ini di luar dari faktor pertambahan usia. Faktor lingkungan berpengaruh pada perubahan kulit, terutama dampaknya kepada proses alami penuaan kulit . Ahli kulit sehat tersebut juga mengatakan bahwa sinar matahari menjadi penyebab utama dari kerusakan kulit karena adanya kandungan sinar ultraviolet dan radikal bebas. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dari matahari pada dasarnya bersifat merusak sebagaimana efeknya dapat merusak kolagen dan elastin. Elastin adalah protein di dalam jaringan kulit yang membuatnya terasa lembut dan tampak kenyal. Jika manusia sering terkena sinar matahari tanpa adanya pelindung pada kulit, ditakutkan akan merusak pigmen kuit.

Sinar UV dari matahari ini berdampak kepada proses pigmentasi kulit. Dalam hal ini, efek negatif sinar UV dapat memicu kemunculan keriput, bintik-bintik cokelat, bahkan risiko kanker kulit. Belum lagi, tingginya radikal bebas turut berperan kepada pertumbuhan kanker kulit. Di sisi lain, merokok dan polusi udara dapat mengurangi kolagen dan mengakibatkan proses penuaan kulit prematur, seperti halnya efek sinar UV matahari.

Pakar kulit menyatakan beberapa faktor lingkungan lain yang bisa menyebabkan kerusakan kulit manusia, seperti paparan bahan kimia yang menimbulkan iritasi dan alergi pada kulit. Terdapat lebih dari 3.000 alergen  dan bahan iritatif yang tersebar di sekitar kehidupan manusia. Hal ini terutama menimpa orang-orang dengan kulit sensitif, mereka cenderung lebih sensitif untuk menerima dampak kerusakan kulit akibat alergen. Sebagai akibatnya, penderita kulit sensitif  akan menderita kulit merah. Cara termudah dalam melindungi kulit adalah menghindari kontak dengan bahan-bahan alergen tersebut, misalnya dengan memakai pelindung tubuh dan mengganti produk perawatan yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Baca Juga :   Cara Cek Bantuan PKH melalui Akun Kemensos

Setiap permasalahn pasti ada solusi, begitu juga dalam permasalah kulit. Lebih jauh lagi, guna menghindari kerusakan kulit akibat faktor buruk lingkungan, perlu dilakukan upaya perawatan kulit dengan produk perawatan kulit yang juga mendukung agar tetap sehat dan bersinar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan kulit secara rutin, Simak perawatan kulit sehat alami di bawah ini;

  1. Konsumsi makanan sehat, perbanyak sayur dan buah

Sebenarnya perawatan kulit sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat pula, seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang mengandung antioksidan seperti sayuran hijau, sayuran putih, atau berbagai jenis sayuran,  buah beri, brokoli, wortel, dan bayam. Selain itu, produk dengan antioksidan, dan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Rutin membersihkan wajah

Pembersihan wajah secara rutin akan membuat kulit menjadi sehat, setidaknya dua kali sehari.  Pastikan untuk menghapus riasan di malam hari sebelum tidur.   Gunakan pembersih lembut yang tidak mengandung deterjen dan pewangi. Utamakan juga pembersih wajah yang berbahan alami.

Gunakan produk pelembap. Bukan hanya bagi pemilik kulit kering, tapi gunakan produk ini juga bagi Anda yang berkulit berminyak.

  1. Gunakan tabir surya

Tabir surya atau biasa disebut dengan sunblock atau juga disebut dengan sunscreen dapat mencegah rusaknya kulit dari sinar matahari. Selalu pakai tabir surya tiap hari meski tidak sering beraktivitas di luar ruangan. Pada kenyataannya, langkah perawatan inilah yang terpenting untuk melindungi kulit. Pilih tabir surya dengan kandungan bahan alami dan mengandung SPF minimal 15 atau 30 untuk melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.

  1. Hindari stres berkepanjangan.
Baca Juga :   5 Makanan yang Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Otak Anak

Stres berkepanjangan dapat membuat kulit menjadi lelah dan kurang segar dilihat jika berkepanjangan akan membuat kulit menjadi kurang enak dilihat.

  1. Gunakan masker berbahan alami

Perawatan lain yang dapat dimanfaatkan yaitu dengan menggunakan masker berbahan alami. Masker ini baik untuk menutrisi kulit wajah dan membuat kulit putih, mengurangi jerawat, dan mengurangi masalah-masalah lain dalam kulit. Jadi dengan seringnya memakai masker alami membuat kulit menjadi sehat.

  1. Pilih produk losion yang sesuai dengan jenis kulit

Pemilihan losion kulit wajah yang tepat akan memberikan nutrisi yang baik pada kulit, berbeda dengan pemilihan yang salah berdampak pada menurunnya kualitas kulit yang baik atau dapat menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Misalnya untuk mengatasi kulit berminyak, gunakan produk perawatan kulit yang khusus bertujuan mengurangi kadar minyak pada kulit agar terhindar dari masalah jerawat. Namun apa pun jenis kulit kita,  ahli kulit sehat menyatakan kulit indah dan bersinar merupakan hasil dari kebiasaan sehat dan perawatan kulit yang alami dan sederhana. (*)

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar