Sejarah Hari Batik Diperingati 2 Oktober

Mitrapost.com– Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober, dalam sejarahnya hari Batik Nasional menjadi hal penting sebab batik merupakan identitas resmi Indonesia. Lalu bagaimana sejarah 2 Oktober diperingati sebagai hari Batik Nasional?

Hal tersebut dikarenakan tanggal 2 Oktober batik diakui sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia. Pengakuan batik tersebut terjadi saat PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan atau UNESCO, menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009.

Sebelum ditetapkan pengukuhan batik sebagai warisan dunia oleh UNESCO, pemerintah terlebih dahulu mengajukan pada 9 Januari 2009 oleh Menkokesra sebagai perwakilan dari pemerintah Indonesia, yang langsung mengajukan kepada UNESCO. Hal ini dilakukan untuk menghindari klaim batik dari negara lain.

Baca Juga :   Video : Mengenal Batik Bakaran Juwana, Industri Kreatif Masyarakat Lokal

Proses peresmian batik sebagai Warisan Budaya Bukan Benda itu berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.  Batik Indonesia masuk dalam 76 warisan budaya nonbenda dunia. Dari 76 seni dan budaya warisan dunia yang diakui Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), Indonesia menyumbangkan satu warisan. UNESCO mempunyai alasan batik ditetapkan sebagai warisan dunia dari Indonesia diantaranya teknik, simbolisme, dan budaya terkait batik dianggap melekat dengan kebudayaan Indonesia.