9 Cara Mendapatkan IPK Tinggi

Mitrapost.comIPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah nilai akhir yang didapat mahasiswa sebagai sebagai hasil pembelajaran selama kuliah. Bagi mahasiswa sebagian besar akan berusaha mencari cara memperoleh IPK tinggi.

Nilai IPK akan didapat setelah menjalani perkuliahan semester pertama, dan akan selalu berubah sampai semester terakhir. Proses pemerolehan IPK bukan hasil ujian yang dilakukan dalam satu hari saja namun dikumulatif dalam empat tahun untuk jenjang S1.

IPK dapat dijadikan acuan untuk mengetahui mahasiswa disiplin, berprestasi, dan punya pemahaman yang baik mengenai materi perkuliahan. IPK yang tinggi dapat menjadikan mahasiswa memperoleh gelar Cum Laude.

Bagi para mahasiswa yang belum mengetahui Cumlaude, dapat memahami maknanya terlebih dahulu. Cumlaude berasal dari bahasa latin dan memiliki definisi sebagai ‘pujian’ yang diberikan saat menempuh belajar di perguruan tinggi.

Baca Juga :   6 Trik Jaga Berat Badan saat Hadapi Hidangan Lebaran

Pemerolehan IPK setiap perguruan tinggi berbeda, umumnya IPK 2,00-2,75 masuk dalam kategori memuaskan, kemudian IPK 2,76-4,50 termasuk dalam kategori sangat memuaskan, dan IPK 3,51-4,00 masuk dalam kategori dengan pujian (CumLaude).

Semua mahasiswa umumnya dapat memiliki kesempatan untuk meraih IPK Cumlaude dan berkesempatan lulus tepat waktu. Tetapi juga ada mahasiswa yang belum bisa mendapatkan nilai Cum Laude karena beberapa faktor dan juga tidak dapat lulus tepat waktu karena faktor pribadi. Tentu hal ini akan membuat lama masa studi dan menambah biaya yang dikeluarkan.

IPK yang tinggi juga dapat dijadikan indikator untuk menentukan pekerja yang baik dalam perusahaan selain keahlian dan pengalaman. Untuk mendapatkan IPK tinggi, mahasiswa dapat melakukan berbagai cara. Simak cara mendapatkan IPK yang tingggi bagi para mahasiswa;

  1. Maksimalkan IPK semester pertama
Baca Juga :   Tips Alami Hilangkan Bekas Jerawat Mengganggu

Cara pertama yang dapat dilakukan mahasiswa untuk memperoleh IPK tinggi yaitu dengan memaksimalkan IPK sejak semester pertama. Jadi sejak awal kuliah mahasiswa harus fokus untuk mendapatkan IPK Cumlaude.

Sebab di semester awal inilah proses memperjuangkan IPK tinggi ditentukan, apakah menjadi lebih mudah atau menjadi lebih susah di semester berikutnya. Jika pada semester awal mahasiswa mendapatkan IPK yang buruk maka untuk semester selanjutnya akan sulit mengejar IPK Cumlaude.