Video : Sambut Musim Tanam, Petani Desa Sugihrejo Gelar Gropyokan Tikus

Pati, Mitrapost.com – Dalam rangka menyambut musim tanam, petani di Desa Sugihrejo, Kecamatan Gabus, menggelar Gropyokan Tikus pada Rabu (6/10/2021) pagi.

Kepala Desa Sugihrejo, Tri Setyanto mengungkapkan kegiatan untuk mengendalikan hama tikus ini merupakan kegiatan rutin yang diagendakan setiap tahunnya bersamaan dengan petani. Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2014 silam.

Adapun titik kegiatan Gropyokan Tikus ini, ungkapnya, dilakukan di semua blok pertanian. Namun, untuk pergerakannya dikelola di masing-masing kelompok.

“Sedangkan untuk saat ini kegiatannya difokuskan di blok Pasinggahan, dengan kelompok tani Sidodadi. Sedangkan untuk luas total lahan desa Sugihrejo, seluas 179 hektar,” ujar Tri Setyanto.

Dengan ini, pihaknya berharap kegiatan gropyokan tikus mampu menjadi langkah yang efektif untuk mencegah perkembangbiakan tikus. Serta untuk menjalin kebersamaan petani dalam hal bergerak bersama dan peduli sesama.

Baca Juga :   Bangkit dari Banjir, Petani Gabus Memulai Musim Tanam Kedua

Tri menceritakan, pada awalnya Desa Sugihrejo tidak mempunyai hama tikus. Namun untuk beberapa tahun belakangan ini, banyak tikus yang bermunculan. Sehingga ada usulan dari petani untuk dilakukan gerakan gropyokan tikus atau menangkap tikus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati