Olahan Gedebog Pisang Jadi Oleh-Oleh Khas Pekalongan

Pekalongan, Mitrapost.com – Gedebog pisang kini bisa dirubah menjadi sajian yang nikmat. Seperti salah satunya, inovasi olahan makanan yang dibuat oleh sekelompok ibu-ibu yang tergabung dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kota Pekalongan.

Gedebog pisang yang selama ini dianggap tidak bisa dijadikan sebagai sumber makanan, ternyata diolah menjadi oleh-oleh maupun olahan makanan khas kota Batik, Pekalongan.

Anggota UP2K Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara, Indah menyampaikan, bermula pada tahun 2020 saat terjadi musibah banjir dan rob di wilayah Pekalongan Utara, mengakibatkan sejumlah pohon pisang mati. Padahal, di wilayah tersebut cukup banyak dijumpai pohon pisang. Hal ini mendorong munculnya ide dari para anggota untuk memanfaatkan bahan pangan tersebut menjadi olahan yang diberi nama Taro Debog.

Baca Juga :   Polres Magelang Gelar Vaksinasi Bagi Pedagang di Pasar

“Jare wong ora kanggo debog pisang (Kata orang tidak terpakai batang pohon pisang). Tapi, justru yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan dan bantu-bantu ekonomi keluarga,” kata Indah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati