Rawan Bencana, Purworejo Lakukan Mitigasi Awal

Purworejo, Mitrapost.com – Sebagai daerah rawan bencana dan terletak di pesisir Samudera Indonesia, Purworejo melakukan mitigasi awal untuk menghadapi potensi bencana, khususnya gempa bumi dan tsunami.

Bupati Purworejo melalui Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah setempat, Pram Prasetya Achmad, mengungkapkan beberapa langkah mitigasi bencana tsunami.

Antara lain adalah dengan Menyusun peta risiko hingga pengerasan jalan.

“Antara lain menyusun peta resiko dan bahaya tsunami, memasang alat EWS tsunami, mempersiapkan jalur evakuasi mulai dari peta, rambu hingga pengerasan jalan dan sebagainya,” beber Pram pada acara Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami, di Desa Gedangan, Kecamatan Purwodadi, beberapa hari lalu.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwi Korita Karnawati mengungkapkan, pihaknya juga melakukan upaya mitigasi bencana di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa.

Baca Juga :   Fenomena Tanah Bergerak, 14 KK di Desa Tegalsari Purworejo Mengungsi

“Kita juga melakukan susur jalur evakuasi dari mulai bibir pantai sampai titik assembly point, dengan tujuan untuk mengetahui berapa waktu tempuh perjalanan dari pantai hingga titik evakuasi,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati