oleh

Masyarakat Harap Revitalisasi Kawasan Situs Peninggalan Keraton Mataram

Yogyakarta, Mitrapost.com – Masyarakat kota Yogyakarta mengharapkan adanya revitalisasi di Kawasan situs peninggalan Keraton Mataram. Hal tersebut disampaikan  Ketua LPMK Purbayan Miftahul Alvin.

Pada sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menerima Kunjungan Kerja Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia GKR Hemas pada Selasa (12/10)  di Balai RW 10 Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. Kunjungan kerja tersebut merupakan wahana silaturahmi DPD RI guna menyerap aspirasi masyarakat yang akan dibawa ke pemerintah pusat.

Bpkad Pati

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY beserta jajaran dinas di DIY, Tenaga Ahli DPD RI, Mantri Pamong Praja Kotagede, Komandan Koramil Kotagede, Lurah Purbayan, Ketua LPMK dan tokoh masyarakat se Kelurahan Purbayan.

Dalam kesempatan tersebut Aman menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada GKR Hemas yang telah berkenan untuk mengunjungi Purbayan. Ia pun berharap kunjungan tersebut, aka nada kebijakan terkait program dari pemerintah pusat untuk menguatkan Kotagede.

Baca Juga :   Percepat Vaksin, Mobil Layanan Vaksinasi Covid-19 Mulai Beroperasi

“Mudah-mudahan melalui kunjungan kerja ini akan ada kebijakan program dari pemerintah pusat melalui daerah guna menguatkan Kotagede sebagai destinasi wisata, budaya, kuliner yang mampu sebagai pengungkit ekonomi warga Purbayan,” kata Aman.

Sementara GKR Hemas mengemukakan pentingnya masukan masyarakat sebagai bahan untuk perencanaan program pembangunan nasional sekaligus mengetahui sejauhmana pembangunan telah dilaksanakan di daerah.

“Kami akan hubungkan permasalahan pembangunan yang ada di wilayah kepada pemangku kepentingan di pusat dan daerah agar segera ada solusi penanganannya,” papar GKR Hemas.

Selanjutnya dalam dialog tanya jawab yang dipandu Lurah Purbayan Nawangsasi, Ketua LPMK Purbayan Miftahul Alvin mengatakan bahwa Purbayan memiliki situs alun-alun, keraton dan pasar sebagai bagian catur gatra Kraton Mataram di era Panembahan Senopati. Pihaknya berharap ada renovasi dan revitalisasi kawasan situs tersebut agar masyarakat luas bisa melihat lebih detail peninggalan Kraton Mataram tersebut. Sehingga diharapkan bisa menjadi tempat untuk mengekspresikan seni dan budaya.

Baca Juga :   Kemenkes Turunkan Harga Tes Antigen Menjadi Rp99 Ribu

“Bagaimana agar Pasar Kotagede bisa direnovasi dan dikembangkan tidak hanya sebatas kepentingan ekonomi dan sosial namun bisa dikembangkan sebagai tempat untuk mengekspresikan seni dan budaya,” tutur Alvin.

Selanjutnya juga disampaikan Alvin bagaimana nasib perajin perak yang terpuruk, belum adanya penanda di pintu masuk yang bisa dirasakan wisatawan ketika melewati jalan masuk kawasan Kotagede, serta perlunya promosi pelaku seni budaya.

Menanggapi hal tersebut GKR Hemas akan menindaklanjuti baik melalui pemerintah pusat maupun daerah, serta meminta kepada dinas yang ikut dalam kunjungan kerja tersebut bisa menanggapi permasalahan yang telah dikemukakan.

“Di Pemda DIY ada program Si Bakul yang membantu UMKM dalam jasa pengiriman barang secara gratis, juga ada pelatihan peningkatan sumber daya UMKM, ada program pengembangan destinasi wisata, promosi pariwisata, pelestarian seni tradisi, dan banyak program yang bisa diakses masyarakat”, imbuh GKR Hemas.

Baca Juga :   Pemkot Yogyakarta Terus Berupaya Wujudkan Pariwisata Sehat di Tengah Pandemi

Selanjutnya GKR Hemas juga menyampaikan agar masyarakat bisa berkonsultasi dan berkoordinasi dengan dinas yang hadir pada kunjungan kerja tersebut untuk pemenuhan kebutuhan program yang akan digagas di masyarakat. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait