Kalah PAW, ASN Pati Diminta Legowo

Pati, Mitrapost.com – Selain diikuti oleh masyarakat sipil, Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) di Kabupaten Pati juga diikuti oleh aparatur sipil negara (ASN). ASN yang menjadi calon kepala desa itu adalah Nawito.

Nawito mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Margomulyo, Kecamatan Juwana. Sayangnya ia kalah dengan calon lainnya. Calon Kades nomor urut 1 ini hanya mampu meraup suara 47 suara.

Sedangkan calon lain, Teguh Pambudi (nomor urut 2) meraih suara 76 dan Zaenal Arifin (nomor urut 3) memenangkan PAW Desa Margomulyo dengan suara 117.

Penghitungan suara dilihat secara langsung oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Kapolres Pati AKBP Christian Tobing dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati lainnya.

Baca Juga :   Pemulasaran Jenazah Covid-19 Diragukan Masyarakat, Dinkes Pati Gandeng Ormas Keagamaan

Melihat salah satu ASN belum mampu memenangkan PAW, membuat Bupati Pati Haryanto mencoba menghibur. Ia pun memanggil Nawito seketika hasil penghitungan suara berakhir. Haryanto pun meminta Nawito untuk legowo.

“ASN saya kasih izin tetapi belum beruntung. Kami juga tidak dukung-mendukung. Tetapi kewajiban kita memberikan izin (untuk mencalonkan). Sudah berikan tetapi belum terpilih oleh masyarakat dan besok Senin sudah kembali bekerja di OPD-nya,” ujar Haryanto kepada awak media.