Peroleh Bantuan Jamban, Warga Desa Getas Grobogan Tak Lagi BAB di Sungai

Grobogan, Mitrapost.com – Setelah memperoleh bantuan jamban, warga desa Getas, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, dan warga Desa Lebak, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan tak lagi buang air besar (BAB) di sungai.

Sebuah sungai kecil memanjang di depan rumah Sarumi (70), warga Desa Getas, Wonosalam, Demak. Dengan permukaan airnya, siang kemarin, setinggi hampir menyamai permukaan jalan. Di sungai seberang jalan rumahnya itulah, nenek Sarumi biasa BAB. Hal itu dilakukannya sejak bertahun-tahun lamanya. Bahkan, hingga memiliki sejumlah cucu.

“Nek BAB ten mriko, lepen (kalau BAB di sana, sungai), sak derenge wonten (sebelum ada) bantuan” ungkap Sarumi mengenang, ditemui di rumahnya.

Sembari memperlihatkan ruang kamar mandi berikut toiletnya yang baru, Sarumi tersenyum. Pemprov Jateng telah memberikan bantuan jamban kepada warga yang membutuhkan. Sarumi mengungkapkan kegembiraannya, sebab dia tak perlu lagi menyeberang jalan depan rumah untuk sekadar BAB. Urusan BAB bisa terselesaikan di jamban barunya pada 2020.