Ini Dalang Harga Telur Ayam Anjlok

Mitrapost.com Peternak terus protes lantaran harga telur ayam terus menurun bahkan anjlok di bawah harga rata-rata.
Hal tersebut diungkapkan oleh Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi harga telur mencapai Rp 14 ribu – Rp 17 ribu per kilogram. Harga ini jauh dari harga acuan telur di dalam Permendag No.07/2020 yakni sebesar Rp 19 ribu hingga Rp 21 ribu per kilogram.

Ali Usman selaku Ketua Pataka mengungkapkan harga telur yang terus menurun disebabkan karena kelebihan pasokan telur. Hal tersebut terjadi karena banyak perusahaan yang melakukan budi daya ayam petelur.

Berdasarkan aturan dari Kementerian Pertanian, pelaku usaha integrasi alias perusahaan besar hanya boleh melakukan budi daya sebanyak 2% saja, sedangkan 98% ditujukan untuk peternak rakyat. Namun yang terjadi lebih besar dari itu.

Baca Juga :   Jadi Rempah Incaran Masyarakat di Masa Pandemi, Harga Jahe Turun

“Saat ini pelaku usaha integrasi mengusai ayam petelur mencapai 15% secara nasional. Pasokan telur berlebih sehingga harga telur anjlok sejak awal September,” ungkap Ali Usman dalam keterangannya, Senin (11/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati