oleh

Bendera Merah Putih Dilarang Berkibar di Podium Penyerahan Piala Thomas

Mitrapost.com – Timnas bulu tangkis Indonesia berhasil meraih juara di ajang Thomas Cup 2020. Keberhasilan tim bulu tangkis ini diraih usai mengalahkan tim bulu tangkis China di partai final yang digelar di Denmark.

Namun, perolehan juara tersebut terasa tidak lengkap karena bendera Merah Putih tidak boleh berkibar di podium penyerahan Piala Thomas. Hal tersebut merupakan imbas dari hukuman Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI).

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Sebagai gantinya, tim Piala Thomas Indonesia mengibarkan bendera federasi yakni Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Akan tetapi, tim Indonesia masih diperbolehkan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’.

“Info yang saya dapatkan dari Kabid Luar Negeri PP PBSI, Bambang Roedyanto, infonya memang seperti itu. Jadi tidak ada bendera Merah Putih, tetapi diganti logo PBSI,” ucap Kepala Bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy.

Baca Juga :   Tiga Pekan Bergulir, Liga Inggris Torehkan 10 Kasus Positif Covid-19

Perlu diketahui, LADI dinilai tidak patuh dalam melaksanakan pengujian doping yang efektif kepada tiap atlet di seluruh cabang olahraga.

Indonesia terancam sanksi karena tidak bisa memberikan laporan tes doping selama periode tahun 2020/2021.

Dengan demikian, atlet-atlet Indonesia yang ikut dalam kompetisi internasional tak bisa mengibarkan bendera ‘Merah Putih’ saat berlaga. Hukuman lain juga turut diberikan, yakni berupa larangan menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental, atau internasional selama masa penangguhan ini.

Pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun dikabarkan masih terus menjalin komunikasi dengan pihak WADA agar ada titik terang terhadap permasalahan tersebut.

Dengan demikian, layak kita nantikan perkembangan usaha Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan dengan pihak anti-doping dunia tersebut. (*)

Baca Juga :   Tanding Lawan Barito Putera, 24 Pemain PSIS Siap Berlaga

 

 

Artikel ini telah tayang di kumparan.com dengan judul “Bendera Merah Putih Dilarang Berkibar Andai Indonesia Juara Piala Thomas”.

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait