Apakah Suara Fals Bisa Berubah Jadi Merdu? Begini Caranya

  1. Belajar teknik pernapasan yang tepat

Pemilihan cara pernapasan yang tepat menjadi langkah selanjutnya untuk menghasilkan suara yang merdu. Teknik pernapasan tertentu dapat membuat pita suara terbebas dari tekanan sehingga dapat dijadikan cara agar suara merdu. Suara merdu dapat dihasilkan dengan pernapasan perut. Tentu seseorang yang belum biasa akan mengalami kesulitan dalam melakukan pernapasan menggunakan perut. Jadi mulailah cek diafragma berkembang atau tidak saat bernapas.

Maka, seseorang tidak terlalu menyimpan banyak udara di tenggorokan yang bisa membuat suara fals atau sumbang.

  1. Berhenti merokok

Cara selanjutnya untuk mendapatkan suara yang merdu adalah dengan berhenti merokok. Nikotin, tembakau, dan bahan kimia lainnya yang dihirup dalam rokok dapat menyebabkan pita suara bengkak dan rusak sehingga suara yang dihasilkan pun serak. Kebiasaan merokok bahkan juga bisa meningkatkan potensi kanker pada tenggorokan.

Baca Juga :   Simak Diskon dan Besaran Biaya Listrik di Website PLN, Begini Caranya

Jadi jika menginginkan suara merdu maka seseorang harus menghindari rokok secara perlahan untuk menjaga Kesehatan tenggorokan. Jika telah kecanduan dengan rokok, dapat melakukan pengalihan dengan permen atau makanan lainnya.

  1. Jangan berteriak berlebih

Jangan berteriak berlebih menjadi ‘jalan ninja’ untuk memperoleh suara yang merdu. Biasanya saat seseorang menonton pertandingan sepak bola tim favorit, bertarung dalam game online, atau saat emosi menggebu-gebu, membuat seseorang akan sering berteriak dengan keras.

Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami ketegangan pita suara yang berpotensi merusaknya. Boleh saja jika berteriak tetapi jangan berlebihan.

  1. Perbanyak minum air putih

Seseorang harus minum air yang cukup, kadar kecukupan tersebut berbeda-beda sesuai dengan kegiatan yang telah dilakukan. Biasanya seseorang membutuhkan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

Baca Juga :   12 Cara Memperoleh Followers Instagram Banyak

Bukan hanya menghidrasi tubuh dengan baik, air putih juga bisa membantu menjaga kesehatan pita suara. Minumlah air putih sekitar 8-12 gelas setiap hari agar pita suara terlumasi sepenuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati