oleh

139 Toko Modern Jejaring di Pati Dinilai Mengancam Keberadaan Toko Kelontong

Pati, Mitrapost.com – Berdasarkan data dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, terdapat 139 toko modern jejaring di Bumi Mina Tani. Toko ini tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pati.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, toko modern ini mengancam keberadaan toko kelontong. Hal ini diungkapkan oleh Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI Perjuangan.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Disperindag Kabupaten Pati mengakui ancaman tersebut. Namun, pihaknya tidak bisa berbuat banyak lantaran dalam kenyataannya, toko modern ini dibutuhkan oleh masyarakat.

“Sebagian kelompok masyarakat ini memang membantu bila malam barang-barang yang tidak dimiliki toko kelontong bisa didapatkan disini. Kami juga mewajibkan toko-toko ini UMKM. Disatu sisi memberatkan, di sisi lain membantu UMKM,” tutur Kepala Disdagperin Kabupaten Pati Hadi Santosa.

Baca Juga :   PPL Pati Ikuti Praktik Penghitungan Konversi Pupuk

Selain itu, lanjut Hadi, kebijakan pemerintah pusat untuk memudahkan investasi juga membuat toko modern merebak di Kabupaten Pati. Menurutnya, hal ini tidak terjadi di Kabupaten Pati saja, namun  juga di daerah lainnya.

“Dengan adanya kemudahan berinvestasi dan kemudahan dalam perizinan, tidak bisa dipungkiri kehadiran toko-toko modern dipermudah. Itu tidak hanya terjadi di Pati. Tetapi seluruh Indonesia. Kemudahan berinvestasi dan berusaha dibuka seluas-luasnya,” tutur Hadi.

Hadi mengatakan, toko modern jejaring ini telah sesuai aturan yang ada. Seperti menerapkan aturan bahwa toko modern harus memiliki jarak ideal sesuai Perda Pemkab Pati.

“Tapi kita ada perda. Kita masih ada batasan. Contohnya bagi tokoh modern yang jejaring tidak boleh kurang dari 500 meter dari pasar tradisional. Ada juga masih harus ada lingkungan yang harus dimintai semacam tanggapan, izin pendapat. Biar tidak Los. Kita masih punya konsumen untuk itu,” tutur dia.

Baca Juga :   Dispertan Pati Upayakan Pupuk Subsidi Dapat Sesuai Sasaran

“Ada 139 yang jejaring. Yang non jejaring itu berdiri sendiri di kelola perorangan. Seperti Pantes dan lainnya,” tandasnya. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait