Pemerintah Indonesia Lakukan Percepatan Produksi Kendaraan Bermotor Listrik

Mitrapost.com– Pemerintah Indonesia lakukan percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Produsen dan konsumen kendaraan listrik kelas dunia saat ini tengah menghadapi tantangan rencana strategi.

Dalam kebijakan yang diatur oleh pemerintah ini, kendaraan bermotor listrik akan menargetkan produksi BEV pada tahun 2020 sebanyak 600 ribu unit untuk roda empat. Dan 2,45 juta unit untuk kendaraan roda dua. Nantinya dengan hadirnya kendaraan yang ramah lingkungan ini diharapkan pemerintah dapat menurunkan emisi CO2 sebanyak 2,7 juta ton. Dan 1,1 juta ton untuk roda dua.

Nyoman S. Astawa selaku Direktur Utama bright PLN Batam mengungkapkan perlunya infrastruktur yang kuat untuk mendukung kendaraan bermotor listrik berbasis baterai tersebut.
“Dalam hal ini, PLN Batam beberapa waktu yang lalu telah meluncurkan 1 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), dan 5 unit Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang tersebar di area Batam Centre, Nagoya, Tiban/Sekupang, dan Batuaji. Dengan adanya stasiun-stasiun ini menjadi langkah nyata PLN Batam mendukung program Pemerintah dalam melakukan percepatan kendaraan listrik di Indonesia,” kata Nyoman pada Jumat (22/10/2021).