Dukung Kesembuhan ODGJ, Masyarakat Diimbau Berempati Pada Penderita

Kebumen, Mitrapost.com – Sebagai langkah untuk mendukung kesembuhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), masyarakat diimbau untuk berempati dan perhatian kepada penderita. Selain itu juga diperlukan adanya pengobatan medis. Sehingga pemenuhan kebutuhan fisik dan psikologi yang diberikan, diharapkan bisa menurunkan kasus ODGJ.

Demikian dijelaskan oleh Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, dalam acara Gelar Wicara dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) Tahun 2021, di Mexolie Hotel, baru-baru ini. Menurutnya, angka kasus ODGJ di Kebumen masih tergolong tinggi, yakni sebanyak empat ribu jiwa per September 2021. Jumlah tersebut menempatkan Kebumen dalam lima besar tertinggi di Jawa Tengah.

“Penderita ODGJ di Kebumen ini masih (ranking) lima besar di Jateng. Sebelumnya, tahun 2013 masuk (peringkat) tiga besar, alhamdulillah sekarang sudah membaik. Mengatasi ini kita memang harus turun langsung, mendekati mereka,” ujar Bupati Arif.

Baca Juga :   Tergulung Ombak Saat Swafoto, Mahasiswi Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

Bupati pun meminta dukungan kepada semua pihak untuk memberikan empatinya kepada para penderita, serta menghindarkan dari bullying dan juga pengucilan di masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati