Video : Angka TBC di Pati Tahun Ini Menurun

Pati, Mitrapost.com – Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kabupaten Pati mencatat, angka pengidap tuberkulosis (TBC) di Bumi Mina Tani mengalami penurunan dibandingkan pada tahun lalu.

Ketua PPTI Kabupaten Pati Murdiyanti mengungkapkan, setidaknya ada 409 penderita TBC hingga Oktober 2021. Sedangkan, pada tahun 2020 angka tersebut menyentuh hingga 489 kasus. Meskipun demikian, angka ini termasuk tinggi.

“Di Kabupaten Pati masih banyak penderita yang kami tangani. Kasus tuberkulosis pada 2020 mencapai 489 kasus. Sedangkan tahun 2021 sampai bulan September terdapat 409,” ujarnya saat ditemui di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (25/10/2021) lalu.

Melihat tingginya kasus TBC di Kabupaten Pati ini, penanganan pada penyakit tersebut juga harus menjadi perhatian bagi pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati. Apalagi kasus TBC kurang terekspos karena adanya pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Kabupaten Pati Menduduki Peringkat ke 23 Kasus TBC di Jawa Tengah

Bupati Pati, Haryanto tidak mau ada banyak korban dari penyakit ini di wilayahnya. “Data yang meninggal karena TBC sudah banyak, ini berarti tidak kalah ganasnya dengan Covid-19. Hanya saja tidak terekspos,” ungkap Haryanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati