Presiden Amerika Serikat Kecam Keras Serangan terhadap Perdana Menteri Irak

Mitrapost.com– Joe Biden, Presiden Amerika Serikat mengecam keras serangan yang menargetkan Mustafa al-Kadhemi yang merupakan Perdana Menteri Irak.

Dilansir dari AFP, Joe Biden mengungkapkan pemerintah Amerika akan membantu pasukan keamanan Irak.
“Saya mengutuk keras serangan teroris yang menargetkan kediaman Perdana Menteri Irak al-Kadhemi,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, pada Senin (8/11/2021).

“Saya lega Perdana Menteri tidak terluka dan memuji kepemimpinan yang telah ditunjukkannya dalam menyerukan ketenangan, pengekangan, dan dialog untuk melindungi lembaga-lembaga negara dan memperkuat demokrasi yang sangat layak bagi rakyat Irak,” ujarnya.

Diketahui bahwa Kadhemi lolos dari serangan tanpa cedera saat pesawat tak berawak atau droen yang berisi bahan peledak yang menghantam kediaman di Baghdad, pada Minggu (7/11) pagi.
Biden menyatakan bahwa dirinya mengutuk keras teroris yang yang melakukan serangan yang menggunakan kekerasan untuk merusak proses demokrasi Irak. Ia juga mengatakan bahwa para pelaku serangan teroris yang menyerang Perdana Menteri Irak tersebut harus bertanggung jawab.
Kantor perdana menteri menggambarkan serangan itu sebagai ‘upaya pembunuhan yang gagal,’ sementara Presiden Irak Barham Salih menyebut serangan itu, yang tidak segera diklaim oleh kelompok mana pun, sebagai upaya ‘kudeta terhadap sistem konstitusional’.