Sosok Penembak, Pemicu Pertempuran 10 November

Selanjutnya, dilansir dari Detik News, pegiata sejarah Suarabaya, Kuncarsono mengungkapkan tulisan Altuwy tersebut bukan tanpa dasar karena Altuwy merupakan salah satu sosok pelaku sejarah.

Ia juga mengungkapkan bahwa tulisan Altuwy dikuatkan dengan buku induk Perang Surabaya.

“Abdul Azis itu memang fakta pertama yang diungkap sama Altuwy wartawan Surabaya Post. Karena pertama, Altuwy itu memang orang Ampel. Kedua, dia juga ikut peristiwa dan kemudian jadi wartawan. Nah Haji Abdul Azis ini tinggalnya di Ampel Menara dulu. Jadi pada tahun 1970, para veteran itu membuat kesaksian dan ditulis dalam buku induk perang Surabaya,” terang Kuncarsono, pada Rabu (10/11/2021).

“Tapi Haji Abdul Azis sendiri anehnya tidak ikut menulis atau memberi kesaksian. Nah, apakah pelakunya Abdul Azis saat itu? Kesaksian para veteran ini saling menjahit,” imbuh pria yang juga inisiator forum diskusi sejarah Begandring Soerabaia itu.

Baca Juga :   Diperingati Sebagai Hari Pahlawan, Berikut Sejarah Pertempuran 10 November

Kuncar juga menjelaskan bahwa Abdul Azis melapor kepada tokoh TKR Doel Arnowo, oleh Doel, Abdul Azis diminta untuk merahasiakan dan tindak mengungkapkan aksi penembakannya tersebut. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati