Sosok Penembak, Pemicu Pertempuran 10 November

Mitrapost.com– Baku tembak terjadi antara tentara sekutu Inggris dengan arek-arek Surabaya, baku tembak tersebut terjadi di Gedung Internatio pada petang hari, 30 Oktober 1945. Perundingan dilakukan setelah Inggris kian melemah selama pertempuran 3 hari.

Dalam insiden itu, perwira tinggi Inggris Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sothern (A.W.S) Mallaby dinyatakan tewas. Hal ini memicu pertempuran 10 November 1945. Tetapi sosok yang menyebabkan perwira tinggi tersebut belum terungkap.

Kemudian, tulisan dari wartawan Arnak Altuwy dari Harian Sore Surabaya Post menulis sosok pemuda yang menewaskan Mallaby di koran berjudul ‘Kesaksian Saya Mengenai Terbunuhnya Brigadir Mallaby’ tertanggal 10 November 1982. Dalam koran tersebut tertulis bahwa sosok yang menewaskan Mallaby adalah Abdul Azis.

Baca Juga :   Diperingati Sebagai Hari Pahlawan, Berikut Sejarah Pertempuran 10 November

Dalam ulasannya, Altuwy menyebut, Abdul Azis berasal dari kawasan Ampel dan saat peristiwa itu terjadi berusia sekitar 16 – 17 tahun. Altuwy juga mengungkapkan bahwa Abdul Azis tercatat sebagai anggota Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dari kesatuan wilayah Sambongan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati