oleh

Waspadalah, Makanan Ini Dapat Menurunkan Sistem Imun Tubuh

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Sistem imun merupakan salah satu fungsi tubuh yang sangat penting. Pasalnya, tanpa sistem imun yang prima, kita akan mudah terserang virus, bakteri, dan kelainan tertentu. Kondisi itu dapat menyebabkan datangnya penyakit.

Sistem imun, juga sering disebut sebagai sistem kekebalan tubuh, fungsinya harus dijaga dengan baik agar melindungi diri dari berbagai penyakit.

Untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap kebal dibutuhkan makanan bergizi seimbang. Seperti halnya, makanan kaya protein. Protein sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Akan tetapi, ada juga makanan yang dapat menurunkan sistem imun tubuh. Berikut beberapa makanan dan minuman yang berpengaruh terhadap penurunan imunitas.

1. Soda

Soda telah terbukti meningkatkan penanda inflamasi, khususnya dalam konteks diet tinggi kalori. Beberapa penelitian mengungkap peradangan sistemik disebabkan karena terlalu berlebihan mengonsumsi soda.

Baca Juga :   7 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Terlalu banyak asupan gula olahan yang terkandung pada soda dapat memengaruhi kekebalan dengan meningkatkan penanda peradangan dalam tubuh.

 

2. Alkohol

Alkohol dikenal mengganggu sistem kekebalan tubuh. Alkohol diperlakukan sebagai racun dalam tubuh dan membutuhkan sumber daya yang signifikan untuk diproses dan dikeluarkan dari sistem tersebut.

Alkohol juga mampu menurunkan produktivitas tidur. Sehingga memengaruhi kemampuan untuk melawan virus pada hari berikutnya.

Alkohol juga dapat merusak usus, mengubah mikrobioma usus, dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

 

3. Makanan Cepat Saji

Kombinasi makanan cepat saji yang proses pemasakannya digoreng, dicampur tepung olahan, dan gula tambahan berkontribusi pada diet berkalori tinggi yang merusak sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :   4 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

Penelitian di Jerman menemukan banyak makanan cepat saji dapat menyebabkan sistem kekebalan bertindak seolah-olah merespons infeksi bakteri. Sehingga dapat mempercepat perkembangan arteriosklerosis dan diabetes.

 

4. Minyak Omega-6

Asam lemak omega 6 adalah jenis lemak yang mungkin terkait dengan penurunan kekebalan, khususnya ketika dikonsumsi secara berlebihan. Minyak ini biasanya datang dalam bentuk proses berlebihan dan umumnya dapat dianggap kualitas yang lebih rendah.

Untuk kesehatan kekebalan tubuh, fokus pada keseimbangan asam lemak omega-3 hingga omega-6 dibandingkan menghilangkan minyak ini dari makanan.

 

5. Protein Hangus

Daging hangus menghasilkan senyawa yang disebut produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) yang meningkatkan stres oksidatif. Makanan yang mengandung senyawa ini dikaitkan dengan kesehatan kekebalan yang lebih buruk dan kanker usus besar .

Baca Juga :   Mengatasi Nyeri Betis Karena Terlalu Lama Duduk

Oleh sebab itu, kita semestinya membatasi daging hangus dan asupan daging olahan secara berlebihan. Contohnya seperti hot dog, bacon, dan unggas kulit. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar