Dispertan Pati: Peternak Telur Ayam Keluhkan Harga Jagung Masih Tinggi

Pati, Mitrapost.com – Walaupun harga telur ayam naik, akan tetapi harga pakan terutamanya jagung, juga masih relatif tinggi dan mengakibatkan banyak peternak telur ayam yang mengeluhkan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati. Ia mengatakan harga jagung sekarang masih sekitar Rp5.500, dimana biasanya berkisar di harga Rp4.500.

“Harga pakan terutama jagung masih naik, yang biasanya harga jagung Rp4.500, sekarang harga jagung Rp5.500,” ujar Andi Hirawadi kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya.

Ia menyebut, tahun ini adalah masa-masa yang sulit bagi peternak. Ia menegaskan, kondisi ini tidak hanya terjadi di Pati saja melainkan dialami oleh seluruh peternak ayam di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   DPRD akan Kaji Ulang Kinerja Bupati Pati Terkait Jawaban Pelaksanaan APBD 2021

“Beberapa faktor yang menyebabkan harga pakan ternak ini tak kunjung menurun sejak awal pandemi. Permasalahannya distribusi jagung dan konsetrat impor ke Indonesia sedang tersendat, di sisi lain stok jagung dalam negeri juga tak mampu memenuhi kebutuhan nasional. Sayangnya 80 persen bahan paku pakan di Indonesia menggantungkan barang dari keran impor,” paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati