Kekuasaan Presiden AS Beralih ke Kamala Harris

Mitrapost.com – Kekuasaan Amerika Serikat (AS) beralih setelah Presiden Joe Biden mengalihkan jabatannya kepada Wakil Presiden Kamala Harris, pada Jumat (19/11/2021).

 Kondisi tersebut menjadikan Harris sebagai wanita pertama yang memegang kendali kepresidenan dalam sejarah negeri Paman Sam.

Diketahui, Biden memberikan informasi kepada para pemimpin di Kongres tentang transfer kekuasaan pada pukul 10.10 waktu setempat, Sabtu (20/11/2021).

Biden memberikan kekuasaan kepada Harris, ketika menjalani pemeriksaan fisik rutin di rumah sakit militer Walter Reed di luar Washington.

Juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki mengatakan Biden berbicara dengan Harris dan kepala staf Gedung Putih Ron Klain setelah prosedur pemeriksaan kesehatan. Psaki mengatakan kondisi Biden cukup baik. 

Baca Juga :   Joe Biden dan Xi Jinping Bersitegang Via Telepon

Psaki mengatakan, transfer kekuasaan antara Biden dan Harris terjadi saat dia dibius untuk kolonoskopi. Harris bekerja dari kantornya di Sayap Barat Gedung Putih selama transfer kekuasaan tersebut.

Harris adalah wanita pertama yang menjabat sebagai wakil presiden Amerika Serikat. Sejauh ini tidak ada wanita yang pernah menjadi presiden selama hampir 250 tahun sejarah negara itu.

Amandemen ke-25 Konstitusi AS menjabarkan proses bagi presiden untuk mentransfer kekuasaan, ketika dia tidak dapat menjalankan tugasnya.

Presiden sebelumnya juga telah melakukan transfer kekuasaan. Misalnya, mantan Presiden George W Bush menjalani kolonoskopi pada 2002 dan 2007.

Biden yang kini berusia 79 tahun merupakan presiden tertua AS. Biden telah berjanji untuk lebih transparan tentang kesehatannya daripada pendahulunya yaitu mantan presiden Donald Trump.  

Baca Juga :   Joe Biden Lontarkan ‘Serangan Tajam’ pada Donald Trump

Trump pernah meminta dokternya memberi pengarahan kepada pers tentang kondisi kesehatannya. Hal ini dilakukan setelah muncul spekulasi tentang kondisi mental Trump. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati