oleh

Virtual, Presiden Jokowi Buka Pekan Kebudayaan Nasional

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com– Pembukaan akbar Pekan Kebudayaan Nasional 2021 dilakukan secara virtual oleh Presiden Jokowi, pada Jumat malam, (19/11). Pembukaan tersebut disiarkan oleh akun Youtube Budaya Saya milik Kemendikbudristek dan Indonesia Tv.

Presiden Jokowi mnuturkan dalam sambutannya, permasalah pertama Indonesia bukanlah pandemi atau pun bencana alam.

“Pandemi bukan yang pertama, bencana alam bukan juga yang pertama. Banyak sekali tantangan yang sudah dialami oleh bangsa Indonesia sebelum menjadi Republik ini berdiri,” buka Presiden Jokowi.

Jokowi melanjutkan ada banyak hal yang bisa dipelajari dari ilmu pengetahuan dan kearifan lokal masa lalu yang diturunkan melalui nenek moyang kita. Kearifan itu yang terangkum dalam bentuk narasi lisan misalnya skrip drama maupun pewayangan.

Baca Juga :   Kasus Orang Tua Ayu Ting Ting masih Berlanjut, Orang Tua KD ke Polisi Didampingi Pengacara

Berangkat dari kekayaan kebudayaan dan alam, Indonesia pun berpeluang menjadi pusat peradaban.

“Saya menegaskan bahwa berangkat dari kekayaan kebudayaan dan kekayaan hayati kita, Indonesia memiliki peluang besar untuk menumbuhkan ilmu pengetahuan yang berbasis dari peradaban Indonesia,” tegasnya.

Sedangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim menyambut perhelatan akbar Pekan Kebudayaan Nasional 2021 dengan penuturan dalam bahasa Jawa.

Untuk pemanfaatan kekayaan budaya, dapat diperoleh solusi bagi masalah-masalah di dunia. Adapun tema acara pada PKN 2021 “Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan.”

Pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2021 dimeriahkn oleh tarian berjudul Napas Jiwa karya Rama Sooeprapto. Usai pembukaan dari Presiden Jokowi dan Menteri Nadiem Anwar Makarim, pementasan virtual yang disutradarai oleh Jay Soebijakto itu turut menggandeng Athila.
“Pandemi membuat segala kegiatan berubah, tadinya luring jadi daring. Pendekatan juga sangat lain tidak seperti pertunjukan di atas panggung,” kata Jay usai video penayangan tarian Napas Jiwa yang dihadirkan di Candi Borong, kompleks Ratu Boko, Prambanan, Sleman.

Baca Juga :   Video : 5 Tempat Wisata Indonesia yang Diakui Dunia

“Di sini saya menggarap secara vernakular, yang saya garap adalah tarian Indonesia di lokasi yang juga punya sejarah panjang. Ini bisa sebagai pengetahuan terus menerus, ketika dipasang 10 tahun lagi. Sebelum kita hidup, ada cinta, ketika kita hidup sampai ada kematian. Kematian itu dirayakan sama saja seperti kelahiran,” tutupnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Detik News dengan judul “Presiden Jokowi Buka Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Secara Virtual”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar