oleh

10 Fakta Kebakaran Pabrik Dua Kelinci

Mitrapost.comKebakaran Pabrik Dua Kelinci di Pati, Jawa Tengah pada Selasa (23/11) menggemparkan warga Indonesia. Berikut 10 fakta kebakaran yang terjadi pada Pabrik Dua Kelinci.

1.Api Bermula pada Oven Kacang

Pabrik Dua Kelinci dapat terbakar bermula dari munculnya api dari oven kacang.

“Kebakaran berasal dari posisi atas, oven atas.  Penyebabnya apa sementara kita belum tahu. Itu bagian produksi, atasnya ruang packing. Kebakaran sementara kantor, sebagian gudang apa itu, kacang garing,” kata Senior HRD PT Dua Kelinci Pati, Taufan Rudiyanto, kemarin.

  1. Api Belum Padang Hingga Pagi

Kebakaran pada pabrik dua kelinci belum padam hingga pagi tadi. Titik api masih menyala di ruang oven.

“Sampai dini hari tadi, kondisinya masih sama, petugas masih berkutat di lokasi. Api hanya di bagian oven. Namun, kita bahasakan pendinginan. Karena selain di ruang oven, semuanya sudah proses pendinginan,” papar Kasatpol PP Pati Sugiyono kepada detikcom, Rabu (24/11/2021).

  1. Ruang oven menjadi ruang yang sulit ditembus air

    Ruang oven tertutup rapat sehingga sulit ditembus air.

    “Jadi gini memang ada satu tungku yang belum bisa dipadamkan. Karena tungku itu tidak bisa ditembus oleh air Damkar. Itu kendalanya,” ujar Sugiyono kepada Mitrapost.com, Rabu (24/11/2021).

  2. Belasan mobil damkar dikerahkan

Kebakaran Pabrik Dua Kelinci menyebabkan belasan mobil damkar dikerahkan.

“Menerjunkan delapan mobil pemadam kebakaran milik Satpol PP Pati. Selain itu ada juga bantuan dari sejumlah perusahaan, termasuk dari daerah tetangga. Ada bantuan mobil pemadam dari Garudafood, Djarum, BPBD Kudus, PT Nojorono, BPBD Jateng, PMI, semua bersama-sama turut memadamkan” kata Sugiyono kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa (23/11).

10 Fakta Kebakaran Pabrik Dua Kelinci

  1. Terdapat karyawan yang pingsan

Diketahui bahwa akibar dari kebakaran ini tidak meni,mbulkan korban jiwa namun ditemukan karyawan yang pingsan saat kebakaran.

“Informasi sementara, tidak ada korban jiwa. Awalnya ada satu karyawan yang pingsan, tapi sudah ditangani petugas medis,” papar Sugiyono.

  1. Api cepat menyebar di ruang packing

Api di Pabrik Dua Kelinci mudah menyebar di ruang packing karena banyak barang yang mudah terbakar.
“Api cepat membesar karena ada barang-barang yang mudah terbakar. Di bagian ruang packing, ada material kemasan plastik dan bahan baku kacang,” kata Senior HRD Manager PT Dua Kelinci Tofan, pada Selasa (23/11).

  1. Sejauh ini, Kantor, Gudang pengemasan, dan sebagian Gudang ludes terbakar

Tofan juga menuturkan, pihaknya belum mendata apa saja yang ludes terbakar, sejauh ini yang baru diketahui adalah kantor, gudang pengemasan dan sebagian gudang.

  1. Api muncul pada siang

Diketahui bahwa api muncul pada siang hari, pukul 11.15 WIB. Munculnya api pada siang hari ini menyebabkan pemadaman berjalan dengan dramatis. Bubuk detergen dicampur dengan air untuk memudahkan proses pemadaman.

“Kerugian secara materi, kurang lebih sekitar Rp 2 miliar, dan kerugian korban jiwa tidak ada,” ujar Kapolres Pati AKBP Christian Tobing kepada wartawan di lokasi kejadian, Kecamatan Margoyoso, Pati, Selasa (23/11).

  1. Api sempat mengecil pada sore

Pabrik dua kelinci kebakaran sempat terlokalisir dan mengecil pada pukul 17.30 WIB yang membuat sebagian petugas ditarik mundur.

“Sebagian ini sudah dipastikan benar-benar padam sehingga beberapa petugas sudah bisa ditarik mundur,” kata David, salah satu relawan pemadam kebakaran PT Dua Kelinci asal Pati saat ditemui di lokasi, Selasa (23/11).

10. Asap kembali muncul pada malam hari

Asap kembali mengepul tebal dari lokasi ruang oven kacang bahan baku produksi pada Selasa, (23/11) malam. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 
Baca Juga :   Jadi Sorotan Warganet, Berikut Sederet Fakta ‘Salam dari Binjai’

Komentar

Berita Terkait