Bertemu Menlu Perancis, Jokowi Bicarakan Perjanjian Ekonomi Komprehensif

Jakarta, Mitrapost.com – Menteri Luar Urusan Eropa dan Luar Negeri Perancis, Jean-Yves Le Drian berkunjung ke Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (24/11/2021).

Kedatangannya disambut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajarannya. Mereka di antaranya Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara, Menlu Prancis didampingi oleh Duta Besar (Dubes) Perancis untuk Indonesia, Oliver Chambard.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan lima poin utama terkait hubungan kedua negara.

Pertama terkait peningkatan komunikasi antar dua negara. Mengingat pada 2022, Indonesia menjadi Ketua G20, dan disaat yang bersamaan Perancis menjadi Presiden Uni Eropa.

“Saya ingin sampaikan beberapa pesan. Pertama, saya setuju kita tingkatkan komunikasi tahun depan. Indonesia akan menjadi Ketua G20 dan Prancis akan menjadi Presiden Uni Eropa,” ujar Jokowi.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Pastikan Pendidikan Anak Prajurit KRI Nanggala-402 Terjamin

Kedua, selama presidensi Perancis di Uni Eropa, Presiden Jokowi mengharapkan negosiasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dengan Uni Eropa. Ia meminta agar proses jalinan kemitraan tersebut dipercepat dan mendapatkan hasil yang konkret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati