oleh

BLT Dana Desa Rembang Diperpanjang Tahun Depan

Rembang, Mitrapost.com – Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) menyatakan bahwa penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), akan diperpanjang dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat dari dampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Rembang, Sulistiyono mengatakan, kebijakan perpanjangan BLT juga merupakan amanat dari Pemerintah Pusat melalui Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Terkait berapa dana bansos yang didapat KPM dan berapa bulan disalurkan, ia belum bisa memberikan keterangan lebih jauh, lantaran belum ada instruksi lebih rinci.

“di aturan Permendes No 7 tahun 2021 mengenai prioritas penggunaan dana desa tahun 2022 BLT DD masih ada, namun nominal besarnya berapa dan sampai berapa bulan kami masih menunggu peraturan menteri keuangan,” kata Sulistiyono kepada Mitrapost.com saat diwawancara.

Baca Juga :   Bupati Rembang Ingatkan Tak Mendata PKH yang Sudah Keluar dari Warga Miskin Ekstrem

Yang jelas, kriteria penerima Bansos jaring pengaman sosial ini masih sama. Diberikan kepada golongan warga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan, tidak termasuk penerima bantuan lain, dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Para keluarga penerima manfaat (KPM) BLT DD sebelumnya, harus ditentukan melalui Musdesus (Musyawarah Desa Khusus) yang dihadiri oleh masyarakat dan pemangku wilayah.

“Untuk teknis di desa nanti ada Musdesus di desa. Bila di desa masih ada KK miskin yang kena dampak Covid bisa dianggarkan BLT DD nya di Musdesus. Namun bila tidak ada warga yang layak mendapatkan BLT DD karena dampak Covid berdasarkan Musdesus ya tidak apa-apa, artinya berdasarkan real kondisi desa masing-masing,” terangnya. (*)

Baca Juga :   Bupati Rembang Harapkan UMKM Lebih Berkembang

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait