oleh

PTSL Disambut Baik oleh Pemdes Trahan Kecamatan Sedan

Rembang, Mitrapost.com – Lebih dari 600 sertifikat tanah di Desa Trahan, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang telah diserahkan kepada masyarakat pada hari Rabu (24/11/2021).

Kepala Desa Trahan, Jumadi mengungkapkan, ini merupakan salah satu visi-misinya menyukseskan legalitas tanah di desa tersebut.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan salah satu cita-cita serta visi misi dari Jumadi yang akhirnya mulai berjalan. Sebanyak 647 dari 982 sertifikat telah dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rembang untuk warga desa Trahan.

“Ini merupakan salah satu cita-cita dan visi-misi saya selaku kepala desa untuk menyukseskan legalitas tanah kepada masyarakat desa,” ungkao Jumadi saat ditemui awak media, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga :   Pemkab Rembang Salurkan Bantuan Alsintan

Sementara itu, 335 tanah yang belum mendapatkan sertifikasi masih akan diproses di bulan Januari hingga April tahun 2022 mendatang.

Ketua Panitia Sertifikasi Tanah Desa Trahan, Masrup Zaim mengungkapkan sertifikasi ini merupakan permintaan dari masyarakat yang ingin melegalkan tanah mereka di hadapan hukum.

Dirinya mengatakan, panitia maupun pemerintah desa sebagai tangan panjang masyarakat harus selalu senantiasa mendengarkan permintaan warga termasuk mengenai legalisasi tanah mereka.

“Masyarakat begitu antusias karena ini merupakan permintaan mereka sejak lama,” ungkap Masrup Zaim.

Diketahui bahwa sertifikasi tanah ini sebenarnya sudah dimulai sejak Januari 2020, akan tetapi karena pandemi selama hampir 2 tahun lamanya, program legalisasi tanah tersebut ditunda hingga 2021.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Salurkan Sembako dan Masker Bagi Warga Isoman dan Takmir Masjid

“Sebenarnya program ini sudah lama, mulai dari Januari 2020 kami sudah bergerak, tapi akhirnya baru selesai di 2021 ini karena pandemic,” kata Masrup Zaim.

Masrup berharap dengan adanya sertifikasi tanah ini, bisa meningkatkan perekonomian warga, salah satunya untuk menggunakan sertifikat tersebut sebagai jaminan hutang ke bank. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait