Jokowi Tegur Kapolres-Kapolda Sering Sowan pada Petinggi Ormas Pelanggar Hukum

Mitrapost.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur para Kapolres dan Kapolda yang sering sowan pada sesepuh ormas yang melanggar hukum.

Dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi mengungkapkan bahwa jajaran Polri harus menghormati kebebasan berpendapat warga Indonesia.

“Kritik dipanggil. Mengkritik dipanggil. Kalau mengganggu ketertiban, iya silakan, tapi kalau nggak, jangan. Karena kita sudah menyatakan ini negara demokrasi. Hormati kebebasan berpendapat dan serap aspirasinya, tapi ketegasan itu juga jangan hilang dari Polri. Kewibawaan juga jangan hilang dari Polri,” kata Jokowi saat menyampaikan arahan kepada kepala kesatuan wilayah tahun 2021 seperti dilihat dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (3/12/2021).

Setelah itu, Jokowi meminta agar Polri tidak menggadaikan kewibawaan. Pasalnya para  Kapolres dan Kapolda yang sowan ke sesepuh ormas yang kerap melanggar hukum.

Baca Juga :   Jokowi Pimpin Rapat Persiapan Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023

“Saya kadang-kadang, saya sudah lama sekali ingin menyampaikan ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Bener ini? Saya tanya ke kapolres. Kenapa bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif. Tapi apakah cara itu betul? hati-hati jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan. Polri harus memiliki kewibawaan,” ujar Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati