Fakta-fakta Menarik Gunung Semeru

Lumajang, Mitrapost.com – Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021), pukul 15.20 WIB lalu.

Kini, aktivitas Gunung Semeru meningkat dengan ditandai guguran awan panas yang mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sejumlah titik mengalami hujan awan panas dan banjir lahar.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M menyebut 27 orang dilaporkan menghilang, sebanyak 22 orang meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru.

Selain kabar erupsi yang menjadi headline pemberitaan nasional, ada pun fakta menarik mengenai Gunung Semeru yang perlu diketahui.

 

Berikut sederet fakta menarik mengenai Gunung Semeru:

 

Baca Juga :   BPBD Magelang Antisipasi Dampak Erupsi Gunung Merapi

1. Dijuluki Atap Pulau Jawa

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan ketiga di Indonesia.

Puncak Gunung Semeru yang disebut Mahameru, berada di ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (MDPL). Letak gunung ini berada di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati