Simak, Cara Mudah Buat Visa

Mitrapost.com Bepergian ke luar negeri membutuhkan visa agar perjalanan aman karena memiliki bukti izin memasuki negara tersebut. Visa merupakan dokumen yang menjadi alat bukti diizinkannya seseorang memasuki suatu negara.

Visa berdeda dengan paspor, paspor merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh negara asal pemohon. Sedangkan visa dikeluarkan oleh negara tujuan.

Melansir dari laman resmi kemlu.go.id ada beberapa syarat dan ketentuan untuk membuat visa atau surat izin tinggal satu kali perjalanan, diantaranya:

  1. Paspor yang sah dan masih berlaku paling singkat 6 bulan (paspor asli dan fotokopi);
  2. Fotokopi ID Card pemohon;
  3. Surat permohonan dan penjaminan dari Penjamin;
  4. KTP penjamin;
  5. Bukti memiliki biaya hidup bagi dirinya dan/atau keluarganya selama berada di Wilayah Indonesia (berupa rekening koran, buku tabungan, atau deposito 3 bulan terakhir milik orang asing yang bersangkutan atau penjamin dengan jumlah sekurang-kurangnya USD 2000 (dua ribu dolar Amerika) atau 15000 RMB atau setara;
  6. Tiket kembali atau tiket terusan untuk melanjutkan perjalanan ke negara lain;
  7. Bukti telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap;
  8. Surat pernyataan bersedia mematuhi seluruh protokol kesehatan yang berlaku di Indonesia; atau Bukti kepemilikan asuransi kesehatan/asuransi perjalanan yang mencakup pembiayaan kesehatan, dan/atau surat pernyataan bersedia membayar secara mandiri apabila terdampak Covid-19 selama di Indonesia;
  9. Pasfoto berwarna 4 x 6 cm 2 lembar (latar putih);
  10. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dari Perusahaan Penjamin di Indonesia;
  11. NPWP Perusahaan Penjamin di Indonesia;
  12. Akta Perusahaan dari Perusahaan Penjamin di Indonesia.
Baca Juga :   Penyalahgunaan Visa, Keberangkatan 39 Calon Jemaah Haji Ditolak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati