Pendampingan Lapas Pati terhadap Napi HIV/AIDS

Pati, Mitrapost.com– Kasubsi Perawatan Lapas Kelas II B Pati, Resi Djulirinanto menjelaskan, kasus HIV/AIDS di Lapas Pati masih ada. Kendati demikian ia tak menyebut angkanya lantaran kasus HIV/AIDS adalah kasus tertutup.

Untuk penanganan dan pelacakan orang dalam HIV/AIDS (ODHA), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati rutin menyelenggarakn VCT mobile pengambilan darah setiap 3 bulan sekali dengan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati.

“Kita VCT mobile setiap 3 bulan sekali. Di hari HIV Sebanyak kemarin kita uji 50 orang tanggal 15 kita adakan lagi nanti setelah tahun baru . Setiap screening uji 40 sampai 50 orang,” jelas Resi kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Baca Juga :   Satu Keluarga di Bandung Diusir Warga

Resi menegaskan, kasus HIV/AIDS di Lapas sangat dijaga kerahasiaannya, agar pasien tak dijauhi oleh warga binaan yang lain.

Napi penderita HIV/AIDS juga tidak dibedakan ruangnya dengan Napi lain agar tidak mengganggu mental Napi pasien HIV/AID.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati