Setiap Bulan, 5 Ton Sampah di Pati Mampu Dikurangi

Pati, Mitrapost.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati fokus pada pengurangan sampah, terutamanya sampah yang berasal dari masyarakat agar tidak terbuang secara langsung.

Hal ini dituturkan oleh Tulus Budiharjo selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLH Kabupaten Pati. Dia menyampaikan, sampah yang mempunyai nilai ekonomis bisa dijual ke bank sampah.

“Dari data yang ada di bank sampah induk, sampah yang mampu kita kurangi dan bisa kita jual setiap bulannya sekitar 5 ton. Kalau dalam setahun berarti 5×12 jadi 60 ton sampah yang bisa dijual,” ucapnya.

Tulus melanjutkan, secara periodik saat evaluasi, terdapat peningkatan sampah yang bisa dikurangi. Bahkan dahulu hanya sedikit yakni sekitar 2 ton perbulan.

Baca Juga :   Kisah Raja Telur Asap Dari Kalikalong

“Sekarang sudah ada peningkatan menjadi 4-5 ton perbulan yang bisa kita kurangi sampahnya,” katanya kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya.

Selain itu, di TPA juga masih terdapat pemulung yang berjumlah sekitar 40 orang. Dimana pemulung tersebut setiap harinya memilah sampah yang ada di TPA, sehingga jumlah sampah bisa sedikit terkurangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati