Timnas Indonesia Gagal Juara Piala AFF Tahun Ini

Mitrapost.com – Timnas Indonesia harus mengubur mimpinya menjuarai Piala AFF 2020. Pasalnya, pada partai final yang diselenggarakan dua leg di Stadion Nasional, Singapura, pada leg pertama Rabu (29/12/2021) Timnas Indonesia tunduk dengan skor 0-4 atas Thailand. Sementara pada leg kedua, Sabtu (1/1/2022) anak asuh Shin Tae-yong hanya mampu menahan imbang The War Elephant dengan skor 2-2.

Hasil ini menempatkan Indonesia menjadi runner up Piala AFF untuk yang keenam kalinya sepanjang sejarah. Sedangkan, hasil ini membawa Thailand menjadi juara ajang sepakbola paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut, sekaligus menjadikan Thailand sebagai peraih juara Piala AFF terbanyak sepanjang sejarah, yaitu enam kali.

Tertinggal agregat 0-4, Skuad Garuda diambang kemustahilan untuk merebut trofi juara Piala AFF. Meskipun demikian, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tak ingin kalah tanpa perlawanan di partai final leg kedua ini.

Baca Juga :   Timnas Singapura Pimpin Klasemen Grup A Piala AFF

Pada berlangsungnya babak pertama, Timnas Indonesia berhasil mencetak gol cepat.

Berawal dari penetrasi Ramai Rumakiek di sisi kanan, ia berhasil mengoper bola ke Witan Sulaeman dan langsung memberikan umpan kepada Ricky Kambuaya.

Tendangan keras Kambuaya gagal diamankan kiper Thailand dan akhirnya menjadi gol pada menit ke-8. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Ketinggalan satu gol, Thailand keluar menyerang. Namun hingga turun minum, skor masih tak berubah 1-0 untuk Indonesia.

Di babak kedua, Thailand mengganti dua pemain. Alexandre Polking memasukkan Adisak Kraisorn untuk menggantikan Teerasil Dangda serta memasukkan Phitiwat Sookjitthammakul menggantikan Thanawat Suengchitthawon.

Alhasil, pada menit ke-54 Adisak Kraisorn berhasil mencetak gol untuk Thailand. Ia memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia, kemudian melepaskan tendangan ke arah kiri gawang Nadeo.

Baca Juga :   Kompetisi Liga 1 Bakal Digelar Awal Juli Mendatang

Tak berlangsung lama, Sarach Yooyen berada di posisi kosong melepaskan tendangan keras yang membentur bek timnas Indonesia membuat bola berbelok masuk ke gawang pada menit ke-56′. Kedudukan berbalik untuk keunggulan Chanatip Songkrasin dan kawan-kawan.

Timnas Indonesia menarik Dedik Setiawan untuk digantikan oleh Hanis Sagara. Sementara Ramai Rumakiek keluar digantikan oleh Irfan Jaya.

Thailand melakukan pergantian pemain dengan menarik Bordin Phala digantikan oleh Philip Roller.

Tak hanya itu, di kubu Indonesia juga melakukan pergantian pemain lagi. Kini Evan Dimas dimasukan untuk menggantikan Rachmat Irianto.

Timnas Indonesia akhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui Egy Maulana Vikri di menit ke-80. Ia menyelesaikan peluang dengan baik usai menerima umpan manis dari Witan Sulaeman.

Baca Juga :   Timnas Indonesia Akan Hadapi Musuh Bebuyutan di Ajang AFF Cup 2020

Ia melepaskan tendangan keras ke gawang Thailand. Kedudukan berubah menjadi 2-2.

Setelah itu, Thailand mengganti Sarach Yooyen untuk digantikan oleh Janepob Phoki.

Sementara Indonesia mengganti Hanis Sagara dan memasukan Syahrian Abimanyu.

Hingga akhir pertandingan skor tak berubah. Peluit panjang dibunyikan wasit, skor akhir 2-2.

Thailand menang agregat 6-2 atas Timnas Indonesia. (*)

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul “Hasil Piala AFF 2020 – Berjuang hingga Akhir, Timnas Indonesia Tahan Imbang, Thailand Juara Piala AFF.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati