Praktik Joki Vaksin Disebut Tak Berbahaya bagi Kesehatan

“Sebetulnya joki vaksin jadi saksi hidup bahwa vaksin tidak berbahaya. Dia juga jadi saksi bahwa vaksin tidak menyebabkan kematian atau kelumpuhan atau (efek) parah lainnya,” ungkapnya.

Dicky pun tidak mampu memastikan adanya manfaat bagi para pelaku joki vaksin.

“Sebenarnya juga tidak ada manfaat yang berlebih juga. Jadi, tidak membuat dia (joki vaksin) menjadi super kuat. Tidak ada data yang bisa membuktikan itu,” imbuhnya.

Bukannya bermanfaat, praktik seperti itu malah memposisikan orang lain dalam posisi berbahaya karena tak dapat menerima vaksin Covid-19.

“Tidak memiliki imunitas dalam situasi saat ini (merupakan pertanda) buruk, karena dia bisa menjadi inang, sarang virus untuk bereplikasi hingga menghasilkan satu varian baru yang lebih mengerikan,” ujar Dicky.

Baca Juga :   Putihkan Wajah Tanpa Perawatan Mahal

Selain itu, karena belum ada studi yang menyoal fenomena joki vaksin, mungkin dampaknya bakal muncul dalam jangka panjang nanti.

“Kalau sesuatu yang tidak kita ketahui, ya rugi sendiri nanti ketika ternyata interaksi yang kondisi tubuhnya seperti apa kita enggak tahu,” tutur Dicky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati