Praktik Joki Vaksin Disebut Tak Berbahaya bagi Kesehatan

Jakarta, Mitrapost.com – Epidemiolog mulai angkat bicara menyoal adanya praktik joki vaksin yang marak terjadi di Indonesia. Perlu adanya tanggapan dari epidemiolog terkait fenomena tersebut, pasalnya hadirnya joki vaksin menimbulkan kekhawatiran bagi publik.

Adanya praktik joki vaksin dikhawatirkan menimbulkan efek samping yang membahayakan bagi tubuh.

Seorang epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman menjelaskan berdasar kompetensinya. Menurutnya, praktik joki vaksin tak sepenuhnya berbahaya bagi orang yang melakukannya, sebab sejauh ini belum ada riset mendalam terkait hal itu.

“Yang jelas, dampak atau bahaya (menerima vaksin Covid-19 dalam dosis berlebih) sejauh ini tidak ada,” ujar Dicky, Jumat (7/1/2022).

Namun, fenomena joki vaksin yang belum menunjukkan dampak atau bahayanya itu justru dapat menjadi bantahan untuk argumen orang-orang yang anti-vaksin.

Baca Juga :   Putihkan Wajah Tanpa Perawatan Mahal

Sementara itu, jika dilihat dari kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) Covid-19, dampak yang ditimbulkan dari pemberian vaksin secara berlebihan tidak menimbulkan bahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati