oleh

BPJS Kesehatan Pati Kenalkan Pilar Penatalaksanaan Diabetes Melitus

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Pati mengenalkan pilar penatalaksanaan penyakit Diabetes Melitus (DM) kepada publik.

Acara dilaksanakan pada Rabu (5/1/2022) lalu. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dr. Agustina Fitrianti yang menyampaikan materi bertemakan Pengelolaan Diabetes Melitus dengan Ulkus Diabetik kepada para audiens.

Kegiatan itu dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Dalam kegiatan tersebut diikuti juga oleh perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, dr. Joko Leksono.

Dalam pemaparannya, dr. Agustina menyampaikan mengenai pilar penatalaksanaan DM yang meliputi edukasi, terapi gizi, Latihan jasmani dan intervensi farmakologi.

Dirinya pun menjelaskan tentang ulkus diabetik. Diantaranya meliputi gejala DM, kategori DM, proses makroanglopati, dan risiko DM pada kaki.

Baca Juga :   TNI-Polri Alumni AKABRI ’89 Salurkan Sembako kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

Ia juga memberikan edukasi mengenai perawatan kaki yang terserang penyakit berbahaya tersebut.

“Dalam perawatan kaki bagi penderita DM, ia menjelaskan bahwa penderita tak boleh berjalan tanpa alas kaki, penderita periksa kaki setiap hari, memeriksa alas kaki setiap hari, selalu merawat kondisi kuku serta memastikan kaki dalam kondisi bersih,” imbuhnya.

Melengkapi materi tersebut, ia menyampaikan pentingnya penatalaksanaan kaki diabetik.

“Penatalaksanaan kaki diabetik dengan ulkus harus dilaksanakan sesegera mungkin. Seperti kendali metabolik, kendali vaskular, kendali infeksi, kendali luka, kendali tekanan, dan penyuluhan,” ungkap dr. Agustina.

Menurutnya salah satu komplikasi DM adalah serangan pada kaki. Luka tersebut menurutnya sulit disembuhkan sehingga perlu ada debridement dengan kombinasi pemberian antibiotik. (*)

Baca Juga :   Jalan Pati-Gembong Berlubang, Bakal Ada Pembetonan Tahun Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar