oleh

Kisah dan Sejarah Bani Israel

Mitrapost.com – Kaum Bani Israel kerap ada di Al Quran, kisal Bani Israel pun banyak menarik khalayak umum. Salah satu sejarah kaum tersebut diawali dengan nama nabi, lalu Apakah benar Israel ini merupakan nama lain dari seorang nabi?

Dikutip dari repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, kisah dan sejaran Bani Israel ini diawali dengan orang yang bernama Israil. Sebutan Israil ini merupakan nama lain dari Nabi Yaqub AS.

Nabi Yaqub ini bernama Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim, yang tumbuh di wilayah bangsa Kan’an dari Jazirah Arab. Sebelumnya mereka hidup di tengah Palestina, lalu pindah ke pedalaman di padang pasir Naqab Selatan Palestina dekat Sinai.

Israil yang mana nama lain dari Nabi Yaqub AS ini mempunyai 12 anak dari empat orang istri. Empat istri tersebut yaitu:

Baca Juga :   Legenda Pemuda Pancasila

a. Rawiyin, Syam’un, Lewi, Yehudza, Yesakir, Zebloun dari istri bernama Layiah

b. Yusuf dan Benyamin dari istri bernama Rachel

c. Dan dan Naftali dari istri bernama Bilha

d. Jad dan Asher dari istri bernama Zulfah.

Penyebutkan Israel sebagai nama lain Nabi Yaqub AS dijelaskan dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 93

كُلُّ ٱلطَّعَامِ كَانَ حِلًّا لِّبَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ إِلَّا مَا حَرَّمَ إِسْرَٰٓءِيلُ عَلَىٰ نَفْسِهِۦ مِن قَبْلِ أَن تُنَزَّلَ ٱلتَّوْرَىٰةُ ۗ قُلْ فَأْتُوا۟ بِٱلتَّوْرَىٰةِ فَٱتْلُوهَآ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Arab latin: Kulluṭ-ṭa’āmi kāna ḥillal libanī isrā`īla illā mā ḥarrama isrā`īlu ‘alā nafsihī ming qabli an tunazzalat-taurāh, qul fa`tụ bit-taurāti fatlụhā ing kuntum ṣādiqīn

Artinya: Semua makanan adalah halal bagi Bani Israil melainkan makanan yang diharamkan oleh Israil (Ya’qub) untuk dirinya sendiri sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah: “(Jika kamu mengatakan ada makanan yang diharamkan sebelum turun Taurat), maka bawalah Taurat itu, lalu bacalah dia jika kamu orang-orang yang benar.”

Baca Juga :   12 November akan Jadi Tanggal Pernikahan Ria Ricis

Dalam hal ini, Bani Israel sebetulnya adalah kaum yang disayangi oleh Allah SWT. Tercatat ada 12 nabi yang diutus untuk membimbing menjalankan ajaran tauhid. Nabi Yaqub AS termasuk di dalamnya.

Mereka adalah Nabi Yaqub, Nabi Yusuf, Nabi Musa, Nabi Harun, Nabi Ilyas, Nabi Ilyasa, Nabi Yunus, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Zakaria, Nabi Yahya, hingga Nabi Isa. Sayangnya kaum ini tidak mengikuti ajaran tauhid serta tidak bersyukur atas nikmat dari Allah SWT.

Allah SWT murka dan mengutuk mereka menjadi kera, hal ini dijelaskan dalam Al Baqarah ayat 65-66

65. وَلَقَدْ عَلِمْتُمُ ٱلَّذِينَ ٱعْتَدَوْا۟ مِنكُمْ فِى ٱلسَّبْتِ فَقُلْنَا لَهُمْ كُونُوا۟ قِرَدَةً خَٰسِـِٔينَ

Baca Juga :   29 November Hari Ini dalam sejarah

66. فَجَعَلْنَٰهَا نَكَٰلًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهَا وَمَا خَلْفَهَا وَمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِينَ

Arab latin:

65. Wa laqad ‘alimtumullażīna’tadau mingkum fis-sabti fa qulnā lahum kụnụ qiradatan khāsi`īn

66. Fa ja’alnāhā nakālal limā baina yadaihā wa mā khalfahā wa mau’iẓatal lil-muttaqīn

Artinya:

65. Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka: “Jadilah kamu kera yang hina.”

66. Maka Kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang dimasa itu, dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (*)

Artikel ini telah tayang di Detik Edukasi dengan judul “Sejarah Bani Israil, Benarkah Merupakan Nama Lain Seorang Nabi?”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait