oleh

“Hatinya PKK” Berdayakan Perempuan Tegaldowo Kembangkan Program Bidang Pertanian

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Rembang, Mitrapost.com – Pemerintah Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang kembangkan wisata di bidang pertanian bersama PKK dan kelompok wanita tani (KWT).

Beberapa jenis tanaman yang dikembangkan mulai dari tanaman obat keluarga hingga tanaman pangan.

Program yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Tegaldowo dan PKK serta KWT tersebut sudah berlangsung sejak 7 bulan lamanya.

Lahan yang semula kosong kini ditanami tanaman obat keluarga serta tanaman sayuran dengan tujuan untuk memberdayakan perempuan di masa pandemi. Oleh karena itu, PKK Desa Tegaldowo menamai program tersebut “Hatinya PKK”.

“Di sini ada tanaman obat keluarga yang isinya bayam Brazil, kemangi, seledri. Kan tanaman itu juga bisa buat obat. Jadi memang ada ini toga (tanaman obat keluarga), terus juga itu ada (tanaman) hidroponik juga,” ungkap Kundari selaku Kepala Desa Tegaldowo pada Jumat (14/1/2022).

Baca Juga :   Pemkab Rembang Gelar Deklarasi Tolak Aksi Anarkis UU Cipta Kerja

Awal mengembangkan lahan tersebut dimulai ketika PKK diharuskan memiliki program pemberdayaan perempuan. Semenjak adanya pandemi Covid-19, Kundari menggali ide untuk memberdayakan perempuan di desanya.

“Kita tanam itu sambil kita bisa berjemur, ibaratnya kita bisa sambil olahraga itu awalnya memang susah orang sini, tapi kita coba,” ungkapnya.

Awalnya Kundari bersama dengan PKK serta KWT mencoba menanam bunga kol. Dikarenakan percobaan pertama berhasil, akhirnya dirinya bersama dengan wanita-wanita dari Desa Tegaldowo lainnya mengembangkan lahan dengan menanami tanaman lain.

Perawatan dilakukan seminggu hingga dua minggu sekali oleh ibu-ibu PKK dan KWT, serta dibantu oleh penjaga balai desa untuk memantau lahan setiap harinya.

Kini lahan tersebut sudah menghasilkan berbagai tanaman yang siap dipanen, oleh KWT tanaman tersebut dipasarkan melalui media sosial, hingga mengundang peminat yang cukup banyak.

Baca Juga :   Tahun Ini, Anggaran Pemakaman Covid-19 Dibebankan APBDes

“Kami sampai kewalahan bahkan kemarin Ibu Dandim datang ke sini jauh-jauh dari Pamotan, untuk ikut menanam,” kata Kundari.

Ke depannya, lahan pertanian yang sudah subur tersebut akan dikelola menjadi tempat wisata dengan dibangun gazebo untuk para pengunjung yang berteduh sambil menikmati indahnya pertanian Desa Tegaldowo. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar