Waspada! BMKG Peringatkan Potensi Gempa Besar Berkekuatan 8,7 di Selat Sunda

Mitrapost.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat agar waspada potensi adanya gempa besar dengan kekuatan magnitudo 8,7 du Selat Sunda.

“Gempa Ujung Kulon kemarin sebenarnya bukan ancaman sesungguhnya karena segmen megathrust Selat Sunda mampu memicu gempa dengan magnitudo tertarget mencapai 8,7 dan ini dapat terjadi sewaktu-waktu,” kata Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulisnya, pada Sabtu (15/1/2022).

Meski belum bisa memprediksi kapan datangnya gempa tersebut, namun potensi itu ada. Dalam hal ini, Indonesia harus siap, patahan megathrust melintang di selatan Pulau Jawa (termasuk dari pantai barat Sumatera hingga ke Nusa Tenggara Timur).

Lalu mengapa masyarakat diimbau untuk waspada padahal gempa sudah sering terjadi di Selat Sunda? Tentu diperlukan kewaspadaan karena gempa besar sudah lama tidak terjadi di Selat Sunda.

Baca Juga :   Biaya Umrah pada Masa Pandemi Diestimasi Bisa Capai Rp 40 Juta

“Inilah ancaman yang sesungguhnya, kapan saja dapat terjadi karena Selat Sunda ini merupakan salah satu zona seismic gap di Indonesia yang selama ratusan tahun belum terjadi gempa besar sehingga patut diwaspadai karena berada di antara dua lokasi gempa besar yang merusak dan memicu tsunami, yaitu gempa Pangandaran magnitudo 7,7 (2006) dan gempa Bengkulu magnitudo 8,5 (2007),” ujar Daryono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati