Beredar Kabar Akan Terjadi Gempa dan Tsunami Besar, BMKG Berikan Klarifikasi

Mitrapost.com – Telah beredar kabar bahwa akan terjadi gempa dan tsunami besar yang menerjang wilayah Jawa Barat, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung lantas memberikan klarifikasi.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu menuturkan bahwa kabar yang beredar merupakan hoaks atau berita palsu.

Teguh menjelaskan bahwa pasca terjadinya gempa M 6,6 di Pandeglang, memang terjadi gempa susulan. Namun, hingga saat ini, gempa tersebut sudah jauh menurun dengan kekuatan yang lebih kecil.

Sehingga, terkait dengan kabar yang beredar bahwa akan terjadi gempa susulan yang lebih besar dan menyebabkan tsunami, tidaklah benar.

Rahayu menegaskan, hingga sekarang gempa bumi belum dapat diprediksi secara pasti, kapan, dimana serta berapa besar kekuatannya. Sehingga mustahil bisa meramalkan kekuatan gempa susulan yang akan terjadi.

Baca Juga :   Siaga Megathrust, Ganjar Minta Pemda Selatan Jateng Petakan Daerah Rawan Tsunami

“Untuk informasi dari pesan suara yang saat ini beredar yang menyatakan akan ada gempa susulan berkekuatan besar dan menimbulkan tsunami di Palabuhan Ratu merupakan berita bohong (hoaks) yang disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab yang menginginkan keresahan di masyarakat,” paparnya menegaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati