Kasus Covid-19 Meningkat, DPR Minta Pemerintah Perbanyak Tempat Isolasi

Jakarta, Mitrapost.com – Angka keterisian tempat tidur rumah sakit atau Bed Occcupancy Rate (BOR) di DKI Jakarta sudah mencapai 45 persen akibat varian Omicron. Untuk itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris mendorong pemerintah harus memperbanyak tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 yang tertular varian Omicron.

“Harus disikapi pemerintah dengan segera memperbanyak tempat isolasi terpusat. Hal ini penting agar BOR faskes di ibu kota tetap terkendali, sehingga faskes tetap bisa melakukan pelayanan kesehatan yang optimal, dan tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat,” ujar Charles dalam keterangan persnya, Senin (31/1/2022).

Charles mengutip data yang menjabarkan pasien Covid-19 dirawat di RS wilayah DKI Jakarta, mayoritas bergejala sedang (51 persen) dan ringan (38 persen). “Sehingga masih didominasinya BOR faskes di Jakarta oleh pasien gejala sedang dan ringan, bisa dipahami mengingat banyak warga ibu kota yang tidak punya tempat isolasi mandiri di rumahnya, dan juga banyak yang khawatir jika isolasi tidak diawasi tenaga medis bisa berakibat fatal,” kata politisi PDI-Perjuangan tersebut.