oleh

Baznas Bantu 1.130 Pelajar Lewat Program Pati Cerdas

Pati, Mitrapost.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati memberikan bantuan kepada 1.130 pelajar.

Bantuan tersebut ditujukan bagi siswa yang kurang mampu dan beasiswa pembinaan. Bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap bidang pendidikan.

Hal ini disampaikan Ketua Baznas Imam Zarkasi melalui Bidang Administrasi dan Umum Abdullah Adib. Ia mengatakan, penyaluran bantuan tersebut melalui program Pati Cerdas.

“Target penyaluran program Pati Cerdas sebesar Rp1.130.000.000, bagi siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN), Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) maupun swasta kurang mampu dan beasiswa pembinaan untuk mahasiswa,” ujarnya kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Rabu (2/2/2022).

Dari jumlah 1.130 pelajar, lanjut dia, diantaranya sebanyak 1000 pelajar SDN, MIN, ataupun swasta yang kurang mampu, 100 pelajar lanjut sekolah ke SMA atau MA, dan 30 mahasiswa.

Baca Juga :   Anggota Dewan Minta Pemkab Bantu Petani Gratiskan Asuransi

“Bantuan bagi siswa SDN, MIN ataupun swasta yang kurang mampu ada 1000 pelajar dan mendapatkan Rp500.000 per orang. 100 pelajar yang mau lanjut sekolah ke SMA atau MA mendapatkan Rp6.000.000 per orang, lalu 30 mahasiswa mendapatkan Rp1.000.000 per orang,” paparnya.

Sedangkan program Pati Sehat sasarannya adalah bantuan pengobatan bagi warga kurang mampu, bantuan jambanisasi, dan bantuan kursi roda maupun alat kesehatan.

“Bantuan tersebut kami anggarkan sebesar Rp175.000.000. Anggaran tersebut bisa berubah, tergantung nanti ada permintaan dari masyarakat atau tidak,” sambungnya.

Lebih lanjut, Baznas Republik Indonesia sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang diamanatkan Undang-Undang 23 Tahun 2011 dan PP 14 tahun 2014 adalah sebagai pengelola zakat nasional yang juga berwenang untuk menyalurkan zakat, infak, dan sedekah kepada semua pihak yang membutuhkan, khususnya para asnaf (orang yang berhak menerima zakat). (*)

Baca Juga :   Kesulitan Memilih Benih Padi Berkualitas, Bupati Akan Kirim Petani Studi Banding ke Sukamandi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral