oleh

Pupuk Subsidi Dipastikan Tepat Sasaran

Pati, Mitrapost.com – Alokasi pupuk subsidi untuk wilayah Kabupaten Pati tahun 2022 dipastikan tepat sasaran. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Nikentri Meiningrum kepada Mitrapost.com, Rabu (9/2/2022).

“Pupuk subsidi dipastikan tepat sasaran walau pupuk subsidi ini jumlahnya terbatas,” ujarnya.

Total alokasi pupuk bersubsidi dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Pati tahun 2022 yang tercatat Dispertan di antaranya 40.522 ton Urea, 832 ton SP36, 4.746 ton ZA, 23.538 ton NPK, 1.934 ton POG, dan 1.600 liter POC.

“Melihat penurunan pupuk bersubsidi setiap tahunnya untuk wilayah Kabupaten Pati, pihak kita harus selektif untuk penyuplaian pupuk ini kepada petani,” tegas Niken saat diwawancarai di ruangannya.

Dispertan Kabupaten Pati juga gencar mensosialisasikan prinsip distribusi pupuk subsidi dengan menerapkan 6T alias 6 Tepat, yaitu Tepat Jenis, Tepat Mutu, Tepat Jumlah, Tepat Tempat, Tepat Waktu, Tepat Harga, dan Tepat Sasaran.

“Kami sudah melakukan upaya terbaik untuk kesejahteraan para petani di Kabupaten Pati. Walaupun memang belum bisa terpenuhi secara keseluruhan perihal pupuk bersubsidi,” imbuh Niken.

Ia mengimbau kepada petani di seluruh Kabupaten Pati perihal penurunan pupuk subsidi agar petani bisa lebih bijak dalam penggunaan pupuk.

Ia juga menyarankan agar pupuk kimia diganti dengan pupuk organik sehingga akan lebih efektif dan menghemat pengeluaran.

“Bahkan penggunaan pupuk organik akan lebih menyetabilkan kesuburan tanah untuk pertanian mereka, jangka panjang yang didapatkan adalah tanah tersebut tidak akan pernah kekurangan nutrisi dimasa mendatang,”tandasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral