oleh

Hubungan Rusia-Ukraina Memanas, Ternyata Ini Penyebabnya

Mitrapost.com  – Jalinan hubungan diplomatik antara Rusia dengan Ukraina nampaknya semakin memanas. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Sejumlah faktor itu diduga lantaran Rusia ingin merebut sejumlah wilayah di Ukraina. Namun, apa yang membuat Rusia berambisi menguasai Ukraina ?

Berikut alasan yang menyebabkan Rusia konflik dengan Ukraina:

1. Perebutan Kawasan Laut Hitam

Laut Hitam merupakan satu-satunya jalur perairan yang menghubungkan jalur pelayaran di perairan hangat. Keistimewaan jalur peraiaran tersebu lantaran tidak akan pernah beku ketika datangnya musim dingin.

Sementara itu, pelabuhan yang berada di Sevastopol juga satu-satunya pelabuhan yang bisa melayani jalur air hangat.

Pelabuhan tersebut terletak di Krimea yang merupakan wilayah yang dianeksasi Rusia pada 2014. Jika Rusia dapat menguasai Ukraina, maka Rusia secara otomatis dapat menguasai Laut Hitam.

Baca Juga :   Pembelot Korea Utara Gugat Kim Jong-Un di Pengadilan Distrik Tokyo

2. Pelarangan Ukraina Gabung ke NATO

Rusia harus mempertahankan pengaruh di Eropa bagian Timur untuk mengimbangi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

NATO merupakan bagian pengaruh Amerika Serikat di kawasan Eropa.

Ukraina berpotensi untuk bergabung dengan NATO demi mendapat perlindungan dari serangan Rusia.

Kerusuhan sipil dalam negeri dan invasi secara serentak merupakan strategi yang efektif untuk menggagalkan rencana Ukraina dan NATO.

3. Posisi Moskow Terancam

Ketika Rusia masih berbentuk Uni Soviet, luas wilayah negara ini sangat besar dan membuat Ibu Kota Rusia, Moskow terlindungi. Jarak Moskow ke perbatasan di sebelah barat kini hanya sekitar 500 kilometer, sehingga kondisi ini membuat Moskow rawan terancam.

Baca Juga :   Taliban Hancurkan Markas ISIS dan Tewaskan Penghuninya

Rusia merasa terancam dari pengaruh Amerika dan sekutu. Sehingga Rusia terus membangun sistem persenjataan di dekat Moskow karena kota itu sangat rentan diserang bilamana Ukraina menjadi bagian NATO. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral