Bupati Rembang Siap Memperjuangkan Keluhan Para Nelayan

Rembang, Mitrapost.com – Belasan nelayan dari berbagai desa mendatangi Kantor Bupati Rembang, Kamis (10/2/2022). Dalam forum tersebut Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Rembang Kartono menyatakan, ada beberapa masalah yang dihadapi nelayan sehingga tidak bisa melaut.

Pertama, pengurusan izin secara online menyulitkan nelayan. Apalagi jumlah izinnya sangat banyak. Kondisi itu berdampak pada nasib nelayan yang tak bisa melaut. Kartono mendesak pemerintah mempermudah izin atau minimal memberi kebijakan khusus agar sambil menunggu izin selesai, nelayan boleh melaut.

“Sudah dua bulan nganggur ini, nelayan menjerit. Kami ingin ada dispensasi atau surat sakti, biar nelayan tetap bisa melaut, sambil menunggu izin turun,“ ujarnya.

Baca Juga :   News Grafis : Pengunjung Pantai Karang Jahe Normal

Hingga saat ini, dari total kapal di bawah bobot 30 GT sebanyak 60-an unit, baru 4 unit yang sudah terbit Surat Izin Usaha Penangkapan Ikan (SIUP) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI)-nya. Sedangkan kapal di atas bobot 30 GT, dari total 193 kapal, sekitar 130-an pemilik yang sudah mengurus. Namun, baru 18 kapal yang izinnya sudah jadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati