Tekan Lonjakan Kasus Covid-19, Percepatan Vaksinasi Booster Digalakkan

Pemberian vaksin booster diberikan gratis dengan syarat penerima telah mendapat vaksin dosis kedua atau minimal berjarak 6 bulan dari vaksin terakhir.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Semarang, per 14 Februari 2022, cakupan vaksinasi di Kota Semarang tercatat sebesar 124,27% untuk vaksin 1, sementara cakupan vaksin dosis 2 mencapai 112,06%, serta vaksin dosis ke-3 atau booster mencapai 14,35%. Sedangkan untuk di kantor Kelurahan Wates sendiri tak kurang dari 200 vial vaksin disiapkan Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk warga sekitar.

Di sisi lain, Pergerakan grafik kasus Covid-19 di Kota Semarang yang terus meningkat, ditekankan Hendi, harus diimbangi dengan kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan dan juga mengikuti vaksinasi Covid-19.

Baca Juga :   Target Operasi Sikat Jaran Candi Terlampaui, Polda Jateng Jaring 325 Tersangka

Pasalnya, Hendi menekankan jika protokol kesehatan adalah kunci dalam menekan penyebaran Covid-19 selain dengan melakukan percepatan vaksinasi.

Adapun sebagai langkah preventif sekaligus kesiapan, melalui tim Dinas Kesehatan Kota Semarang juga berupaya meningkatkan edukasi kesehatan melalui Whatsapp Center, edukasi langsung, melalui medsos, operasi yustisi oleh satgas wilayah dan kota, penambahan bed rumah sakit, meningkatkan sampel skrining, serta fokus penanganan khusus pada RT zona merah dan oranye. (*)