Dorong Kompetensi Tenaga Kerja, BLK Dinperinaker Rembang Gelar Pelatihan

Rembang, Mitrapost.com – Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Dinperin Naker) Kabupaten Rembang membuka program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas (PKTKP) Angkatan I, Selasa (7/2/2022). Ada sekitar 80 peserta yang akan dibekali berbagai bidang keahlian.

PKTKP Angkatan I Tahun Anggaran 2022 di Rembang ini dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang.

Pelatihan itu dibuka di kompleks Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Diah Kurnia Ningrum dalam laporannya menyebut, tujuan dari kegiatan itu untuk memberi bekal dan keterampilan kepada calon tenaga kerja. Ada beberapa bidang kejuruan yang ditawarkan dalam pelatihan tersebut.

Baca Juga :   Peroleh Suvenir, Ganjar Hadiahi Covid Ranger Rembang Uang Tunai

Bidang kejuruan itu antara lain, servis sepeda motor injeksi, pembuatan roti dan patseri, pengoprasian komputer dasar, menjahit pakaian wanita dewasa, dan kejuruan audio video. Dari 80 peserta, masing-masing kejuruan diikuti 16 orang.

”Peserta PKTKP Angkatan I Tahun Anggaran 2022 sebanyak 80 orang dalam lima kejuruan,” ujarnya kepada Mitrapost.com pada Rabu (16/2/2022).

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu memiliki daya saing dan memiliki kompetensi. Selain itu, peserta juga diharapkan mampu memulihkan kembali rasa percaya diri, semangat dan tanggung jawab demi masa depan.

”Peserta atau alumni pelatihan siap memasuki dunia kerja sesuai dengan keterampilan yang diikuti dan berusaha mandiri,” tandasnya. (*)