Sirkuit Mandalika Mudah Terkelupas, Begini Alasannya

Mitrapost.com – Promotor MotoGP Mandalika 2022, MGMPA menjabarkan alasan terkelupasnya aspal di beberapa titik lintasan Sirkuit Mandalika.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengklaim kerusakan beberapa titik sirkuit lantaran adanya permasalahn geografis. Ia menegaskan, pengelupasan lintasan pada tes pramusim akhir pekan lalu bukan terjadi akibat kualitas konstruksi yang buruk.

“Ibarat rumah baru kalau ditempati juga muncul retak-retak halus. Ini tak bisa sempurna hasilnya karena ada tanah turun sehingga bagiannya berubah. Bukan kesalahan faktor di lapangan, tapi alamnya sendiri yang membuat tanah bergeser. Menurut saya ini lumrah,” ungkapnya pada Rabu (16/2/2022).

Ia berjanji akan memperbaiki masalah aspal di lintasan Mandalika hingga tuntas. Sehingga pada 20 Maret 2022 mendatang, MotoGP Mandalika bisa digelar dengan aman.

Baca Juga :   Inter Milan Putus Kontrak Eriksen

“Saran dari FIM ingin membuat perbaikan dari segi traksi. Macam-macam ada penambalan di beberapa bagian dan lainnya. Kami ingin lintasan ini tidak sekali pakai,” imbuhnya.

Sementara itu, Dirut PT PP Novel Arsyad selaku perusahaan konstruksi dan investasi pembangun menilai pengelupasan bisa terjadi karena tak tersentuh secara maksimal.

“Dengan trek sepanjang itu, pekerjaan kami sudah teliti. Tapi barangkali ada tempat-tempat tertentu yang sentuhannya ada yang terlewat. Mungkin ada bagian di tikungan 1 dan 17 yang terkelupas yang akhirnya batunya melepas dari aspal,” ungkap Novel.

Dalam pengamatannya, kerusakan yang terjadi hanya sebagian kecil saja. Namun pihaknya berjanji akan menuntaskan masalah yang dikeluhakan para rider hingga clear.

“Kalau kerusakannya mayoritas, mungkin karena kesalahan pembangunan. Tapi karena ini kecil, kami tetap akan tidak tanggung-tanggung memperbaikinya. Makanya kami berkoordinasi dengan konsultan agar keamanannya lebih bagus dan tidak terulang lagi,” jelas Novel.

Sikruit Mandalika menjadi sorotan usai menggelar tes pramusim MotoGP akhir pekan lalu. Para pembalap mengeluhkan kondisi sirkuit yang berlumpur, berdebu, dan berkerikil.

Pihak penyelenggara MotoGP, Dorna mendesak supaya MGPA memperbaiki kerusakan trek Sirkuit Mandalika hingga tuntas sepekan sebelum gelaran MotoGP pada 18-20 Maret mendatang. (*)

Baca Juga :   Video : Kendarai Moge, Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati