Omicron Dikaitkan dengan Polusi Udara, Begini Penjelasan BMKG

Mitrapost.com – Vidoe viral menunjukkan seseorang yang bernama Mohammad Ali Ridlo Assegaf membahas virus Covid-19 varian Omicron berkaitakan dengan polusi udara yang meningkat.

Dalam hal ini, ia mengatakan bahwa yang terjadi saat ini bukanlah Omicron namun polusi udara yang meningkat.
“Di saat pemerintah mengatakan akan ada gelombang Omicron, kami menyelidiki bahwa tingkat polusi udara sekarang lagi meningkat,” ujar Babeh Aldo dalam video viral, seperti dilihat, Kamis (17/2/2022).

“PM 2,5 sangat bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut, ISPA namanya. Ya bisa menyebabkan anosmia, badai sitokin, apa yang disebut COVID-19 itu bisa disebabkan oleh PM 2,5,” tambah dia.

Menanggapi hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), BMKG menjelaskan penurunan kualitas udara secara visual dapat meningkatkan kekeruhan kondisi atmosfer sehingga mempengaruhi penurunan jarak pandang.

Baca Juga :   PPKM Mikro Diperpanjang, Ali Badrudin Berharap Pandemi Segera Selesai

“Paparan terhadap konsentrasi PM 2,5 yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pada cardiovascular dan saluran pernapasan, terutama jika terpapar dalam waktu yang lama,” tutur Plt Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko dalam keterangannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati